Selain memikirkan makanan sehat untuk ibu hamil muda, kita juga perlu aware apakah makanan tersebut baik untuk perkembangan janin. Wah, harus segitunya? Yap, karena makanan yang dikonsumsi ibu hamil secara tidak langsung akan mempengaruhi perkembangan bayi terutama untuk otak. Oleh sebab itu, Ibu perlu jeli, cermat dan pintar dalam memilih makanan. Bagi yang bingung, berikut ini beberapa makanan yang dapat mendukung perkembangan bayi terutama otak bayi selama dalam masa kehamilan:

Ikan

Ikan merupakan makanan yang disarankan untuk dikonsumsi mulai dari trimester dua. Karena berdasarkan artikel di situs Hellosehat, bayi dengan ibu yang rajin mengkonsumsi ikan 2 porsi dalam seminggu selama trimester dua memiliki skor perkembangan mental yang tinggi. Hal ini dikarenakan ikan mengandung banyak lemak omega 3 dan DHA yang penting membantu pertumbuhan otak dan sistem saraf.

Ibu Hamil Makan Ikan
Photo: Hello Sehat

Jenis ikan apa aja yang disarankan? Ikan tuna, salmon, kembung, sarden, nila dan lele. Oiya sebelum mulai konsumsi Ibu perlu tahu cara mengonsumsi seafood secara aman selama kehamilan terlebih dahulu.

Sayur-Sayuran

Sayuran
Photo: Bidanku

Sayuran terutama sayuran berdaun hijau seperti daun bayam, sawi, dll mengandung antioksidan yang mampu meningkatkan perlindungan pada jaringan otak janin. Selain sayur hijau, sayur berwarna lainpun jangan sampai ketinggalan. Dan pastikan sayur yang akan dikonsumsi atau dimasak, dibersihkan terlebih dahulu untuk menghindari kontimasi dari sisa-sisa tanah.

Telur

Telor untuk Protein
Photo: Vemale

Telur mengandung protein, zat besi dan kolin yang membantu pertumbuhan otak bayi saat di dalam rahim. Kolin membantu perkembangan memori dan kemampuan belajar. Sedangkan zat besi membantu pembentukan transport oksigen dan pembentukan sel dan jaringan pada otak.

Daging, tentunya daging tanpa lemak

Daging Tanpa Lemak
Photo: Okezone Lifestyle

Daging mengandung protein, zat besi dan vitamin B yang dibutuhkan perkembangan janin. Tentu dalam mengonsumsi daging, pastikan dagingnya sudah dimasak hingga matang sempurna. Jangan biarkan ada ada warna merah pada daging karena itu menunjukan daging belum matang sempurna. Ini untuk menghindari masuknya bakteri yang biasa menempel pada daging.

Kacang-Kacangan

Kacang Merah
Photo: SolusiSehatku.com

Kacang-kacang bisa dijadikan cemilan atau dimasak bareng dengan nasi sehingga kandungan yang baik pada kacang-kacangan seperti niasin, protein, asam lemak, omega 3, vitamin E dan asam folat. Kandungan-kandugan ini membantu meningkatan fungsi sel otak sehingga komunikasi antar sel bisa lebih lancar.

Selain 5 jenis makanan di atas, masih banyak makanan lain yang bisa membantu perkembangan otak bayi seperti susu, olahan susu, ubi, buah-buahan (alpukat, apel) dan lainnya. Jadi pastikan makan yang dipilih tidak hanya baik untuk ibu namun juga janinnya.

Advertisements