Sibuknya kegiatan dan pola makan berantakan bisa jadi penyebab asam lambung naik yang Anda alami. Meskipun sebenarnya asam lambung diperlukan oleh tubuh untuk membantu proses pencernaan makanan dan minuman, namun asam lambung yang terlalu tinggi bisa menimbulkan rasa tidak nyaman dan memunculkan keluhan saat asam lambung naik. Normalnya asam lambung memliki pH antara 1,5 hingga 3,5.

Air Kelapa

Nah, sebenarnya ada beberapa obat terpercaya yang bisa Anda manfaatkan untuk mengatasi naiknya asam lambung. Namun, beberapa orang tidak ingin mengonsumsi obat kimia secara terus menerus dan lebih memilih mengatasi masalah ini dengan bahan alami. Salah satu bahan alami yang bermanfaat untuk lambung adalah air kelapa. Mengapa?

  1. Air kelapa memiliki serat dan enzim yang baik untuk mengatasi kenaikan asam lambung. Air kelapa memiliki kandungan kalium dan pH yang cocok untuk meredakan pH asam yang berlebihan dalam lambung.Dengan begitu, air kelapa secara otomatis juga dapat memperbaiki kerusakan selaput lendir karena dapat memicu produksi lendir untuk melawan asam lambung yang berlebih.
  2. Air kelapa juga dapat mendinginkan kondisi lambung yang panas akibat kenaikan asam lambung. Apa Anda sering merasakan sensasi terbakar pada lambung saat telat makan atau setelah mengonsumsi makanan pedas? Nah, segera atasi dengan minum air kelapa.
  3. Mengandung serat yang baik untuk pencernaan. Seperti yang telah Anda ketahui, asam lambung sebenarnya berperan untuk membantu sistem pencernaan, jadi ketika produksi asam lambung berlebih tentunya sistem pencernaan juga akan ikut terganggu. Nah, air kelapa mengandung serat pangan yang dapat mengatasi masalah pencernaan.

Sebaiknya Anda rutin mengonsumsi air kelapa sebanyak satu gelas 30 setelah makan selama dua sampai tiga bulan disertai. Jangan sampai Anda mengonsumsi secara berlebihan. Jika dikonsumsi secara berlebihan ditakutkan justru akan menimbulkan efek samping.

Misalnya seperti menggantikan peran jenis minuman lain sehingga membuat tubuh kekurangan mineral penting  lainnya. Selain itu kelapa memiliki kandungan kalium yang tinggi yang dapat membahayakan jantung jika dikonsumsi secara berlebihan (sc: manfaat.co.id). Jadi konsumsilah air kelapa dengan jumlah yang sesuai anjuran. (Rima)

Advertisements