Tips Belajar yang Menyenangkan Sekaligus Menantang

Posted on Updated on

Belajar Itu MenyenangkanBahasa Inggris merupakan salah satu faktor terpenting penentu kelulusan pada semua tingkatan sekolah, SD, SMP, dan SMA. Namun kesulitan terbesar berada pada tingkat dasar. Belajar bahasa Inggris anak SD memerlukan taktik yang berbeda dengan belajar bahasa Inggris pada tingkat lain. Apa sajakah taktik-taktik yang diperlukan itu?

  • Tingkat kesulitan dikurangi, tapi harus tetap menantang. Tarik rasa ingin tahu anak.
  • Hanya pelajari struktur kalimat pada tingkat-tingkat lanjut, seperti kelas 5 atau 6 SD. Untuk tingkat awal, konsentrasi pada perkenalan dan pengenalan nama-nama barang.
  • Kecepatan pembelajaran patut disesuaikan dengan kemampuan anak. Pastikan anak mengerti sebelum melanjutkan ke tahap berikutnya. Jangan biarkan anak tertinggal pelajaran pada tahap-tahap awal, karena ini merupakan tahap paling penting.
  • Buat anak familiar dengan bahasa Inggris. Gunakan Bahasa Inggris yang dibantu dengan bahasa Indonesia di sekitar anak, tidak hanya di dalam kelas. Selain itu, bisa juga dengan sering-sering memasang media berbahasa inggris untuk anak, seperti film, atau lagu.
  • Pastikan anak terus berminat dengan pelajaran. Membuat pelajaran menyenangkan sangat penting untuk menarik minat anak. Anak yang tertarik dengan pelajaran akan memahami pelajaran lebih cepat. Jangan biarkan anak bosan.

Belajar Bersama Anak

Salah satu hal yang dapat digunakan untuk menarik minat anak adalah dengan menggunakan permainan. Permainan bisa berupa permainan aktifitas, ataupun video games. Cara lainnya bisa menggunakan buku yang menarik secara visual, mudah, namun menantang.

  • Utamakan penggunaan penjelasan secara lisan, dibanding tulisan. Penjelasan harus dilakukan oleh guru atau pengajar, batasi penggunaan buku pelajaran hanya sebagai pedoman.
  • Mulai latih pengucapan anak sejak awal. Pengucapan bahasa Inggris merupakan salah satu hal yang paling sulit bagi bangsa yang tidak memiliki bahasa Inggris sebagai Bahasa ibu.
  • Terus motivasi anak. Motivasi dapat dilakukan dengan berbagai macam, seperti pujian saat menjawab secara benar, ataupun pemberian semangat jika anak menjawab dengan salah. Juga motivasi anak untuk tidak malu bertanya.
  • Maafkan segala kesalahan anak. Kesalahan pada kegiatan belajar mengajar sangat wajar adanya. Jangan biarkan kesalahan membuat anak kehilangan kepercayaan diri.

Cukup mudah bukan proses belajar untuk anak-anak, semoga bisa diterapkan para orang tua di rumah! (RR)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s