Cara Mudah Buat Ruang Dapur Tetap Fresh

Posted on Updated on

Cara Mudah Buat Ruang Dapur Tetap FreshTerkadang ketika datang ke toko furniture Jakarta, para pemilik rumah menjadi bingung mau membeli jenis furniture apa untuk mengisi rumahnya. Namun perlu diingat ketika dalam proses penataan furniture disetiap ruangan rumah terutama untuk ruang dapur bisa lebih repot daripada kamar tidur ataupun ruang tamu. Ruang dapur sendiri sebenarnya butuh banyak furniture selain dari peralatan dapur yang ada di dalamnya. Tapi pernahkah menemukan ruang dapur terlihat kotor, berantakan dan mengeluarkan bau yang tidak sedap ? Kondisi ini tentu akan mengganggu kesehatan penghuni rumah dan juga dapat memberikan dampak yang kurang baik secara psikologis.

Ruang dapur seperti yang kita sama-sama ketahui bisa dikatakan sebagai jantung dari sebuah tempat tinggal, dimana titik kesehatan sebuah rumah akan tercermin dari ruang dapur. Ini sudah jelas, karena ruang dapur ini menjadi semua jenis makanan dan minuman diolah sekaligus disajikan untuk semua anggota keluarga. Oleh karena itu, ruang dapur haruslah tetap fresh dan sehat. Bisa dibayangkan apa yang akan terjadi ketika dapur kotor dan berantakan bahkan tidak terawat ? Mungkin makanan yang akan disantap menjadi tidak bersih dan ini efeknya akan mengganggu kesehatan. Bahkan bisa jadi Anda dan penghuni rumah lainnya menjadi tidak betah ataupun malas ke dapur.

Dapur juga menjadi salah satu ruangan yang mudah kotor dan menjadi lembab ketika kegiatan memasak terjadi dalam rumah. Oleh karena itu, sebaiknya semua peralatan memasak harus segera dibersihkan setelah semua proses memasak selesai. Ini dilakukan untuk menghindari adanya pengendapan lemak dan juga kotoran yang menempel pada alat-alat masak sehingga akan menimbulkan bau yang tidak enak di ruangan dapur. Jika dibiarkan, maka hewa-hewan seperti tikus, kecoa, dan lalat pun akan datang ke ruangan dapur. Oleh karena itu, solusi terbaik untuk bisa menghindari hal tersebut adalah usahakan menjaga ruang dapur untuk tetap bersih dan fresh. Berikut ini beberapa cara mudah buat dapur tetap fresh dan bersih :

  • Pastikan dapur punya ventilasi yang baik

Jangankan dapur, ventilasi sudah harus ada di semua ruangan sebuah rumah. Pada dasarnya dengan adanya ventilasi, ini akan membuat sirkulasi udara akan mudah berganti dan sinar matahari pagi pun akan bisa masuk ke dalam rumah. Oleh karena itu, kuman akan mudah hilang dan bisa kurangi tingkat kelembabab pada sebuah ruangan di rumah.

  • Gunakan cooker hood

Membuat dan menjaga ruangan dapur tetap fresh, maka cara lainnya dengan memasang cooker hood di atas kompor gas. Dengan adanya cooker hood, maka setiap asap buangan ketika proses memasak akan langsung dihisap dan tidak menyebar ke seluruh ruangan dapur. Tingkat penyerapan asap buangan oleh cooker hood mencapai 70%, namun tergantung dari daya hisap alat tersebut. Penggunaan cooker hood ini bisa jadi alternatif untuk ruangan-ruangan yang sulit dibuat ventilasi.

  • Simpan bahan makanan dengan rapi

Hewan-hewan hama seperti tikus tidak hanya tertarik dengan bau yang tidak sedap, namun juga terkadang tertarik dengan bau dari bahan makanan fresh. Jika tidak ingin makanan segar Anda terhendus oleh hewan hama, maka pastikan ketika menyimpan makanan yang tertutup rapat khususnya untuk bumbu-bumbu makanan yang memang harus dalam keadaan fresh ketika akan dimasak. Bisa gunakan toples tertutup rapat sebagai wadah penyimpanan untuk menghindari datangnya hewan hama.

Dengan melakukan berbagai hal tersebut, tidak hanya kenyamanan dan keindahan ruang dapur yang terjaga, tetapi juga kebersihan dan kesehatan penghuni rumah. Kebersihan dapur terkadang menjadi penentu mood seseorang, sehingga menjadi sangat amat penting membuat ruang dapur tetap terjaga kebersihannya. Semoga bisa bermanfaat! -apuy-

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s