Mengurangi Beban Kerja Jantung Dengan Jus Bit

Posted on Updated on

Jus BitSemakin bertambah umur, semakin rajin pula kita berolahraga. Selain melakukan investasi dengan asuransi jiwa, kita pun akan mulai menjaga tubuh kita agar tetap sehat dan kuat dengan olahraga. Ketika berolahraga, mungkin kita sering menyadari bahwa tubuh kita akan mudah lelah dan jantung terasa berdebar begitu keras. Durasi olahraga pun semakin pendek seiring dengan bertambahnya usia. Nah, tahukah Anda bahwa kita dapat memperpanjang durasi olahraga dengan meringankan beban kerja pada jantung? Solusinya adalah dengan mengonsumsi jus bit.

Banyak yang belum menyadari bahwa jus bit memberi banyak manfaat karena dapat mengurangi beban kerja jantung. Bit mengandung molekul nitrat yang dapat melebarkan pembuluh darah sehingga aliran darah dalam tubuh bisa meningkat. Proses pelebaran pembuluh darah ini dapat mempercepat aliran oksigen baik ke otot maupun ke otak sehingga membuat Anda tidak mudah lelah. Selain ditemukan di buah bit, kandungan nitrat juga ditemukan dalam seledri, kubis, dan sayuran berdaun hijau.

Beberapa keuntungan dari jus bit adalah sebagai berikut:

  • Nitrat yang ada di dalam buah bit memicu reaksi kimia yang bisa mendistribusikan oksigen di beberapa area tubuh yang mengalami kekurangan pasokan.
  • Buah bit dipercaya dapat menurunkan tekanan darah karena mengandung kalium.
  • Dapat menangkal demensia.
  • Memberikan tenaga tambahan bagi para lansia
  • Kandungan betainnya dapat mengurangi homosistein yang dapat merusak pembuluh darah dan menyebabkan penyakit stroke. betain juga dapat mengurangi timbunan lemak yang menyumbat aliran darah
  • Mencegah anemia karena mengandung zat besi.

Tentunya, fakta ini bukanlah sekadar isapan jempol semata. Penelitian terhadap manfaat buah bit telah dilakukan oleh Exeter University di Inggris dan juga telah dipublikasikan melalui jurnal yang ditulis oleh American Journal of Physiology-Regulatory, Integrative and Comparative Physiology. Untuk membuat segelas jus bit, Anda tinggal memotong-motong satu buah bit yang sudah matang dan masukan ke dalam blender. Tambahkan es batu, bubuk kayu manis atau madu (jika suka), dan juga air secukupnya. Blender seluruhnya hingga halus, dan jus bit pun siap untuk dinikmati. (Tr)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s