Berwisata ke Daerah Klaten

Posted on Updated on

Berwisata ke Daerah KlatenKlaten adalah sebuah kabupaten yang terletak di Jawa Tengah. Menurut situs internet Klaten yang resmi, Klaten terletak di antara dua pusat kebudayaan Jawa, yaitu Kerajaan Surakarta dan Kesultanan Yogyakarta. Lokasinya yang berada tepat di antara dua kerajaan besar itu membuat Klaten menjadi salah satu kabupaten yang adat dan kebudayaannya masih sangat kental, dengan perayaan-perayaan rakyat yang seringkali diadakan setiap tahunnya. Bukan hanya sejarah dan kebudayaan, Klaten juga sangat kaya dengan kekayaan dan keindahan alam yang menjadikan Klaten sebagai salah satu tujuan wisata favorit di pulau Jawa.

Salah satu lokasi wisata paling terkenal di Klaten adalah Candi Prambanan, yang pastinya sudah tidak asing lagi bagi masyarakat Indonesia maupun dunia internasional. Dibuat pada abad ke-9, Candi Prambanan terletak di perbatasan Yogyakarta-Klaten dan memiliki tiga candi utama, yaitu Candi Wisnu, Candi Braha, dan Candi Siwa yang mewakili Trimurti, tiga dewa dalam kepercayaan Hindu. Tempat wisata sejarah lain di Klaten adalah Museum Gula Jawa Tengah, yang terletak di Pabrik Gula Gondang Winangoen. Koleksi museum ini antara lain mesin giling gula, lokomotif pengangkut tebu, maket pabrik gula, dan macam-macam jenis tebu. Tempat-tempat bersejarah di Klaten selain yang sudah disebutkan antara lain makam dari tokoh-tokoh islam Ki Ageng Gribig dan Sunan Tembayat, ulama-ulama yang dulunya berdakwah di daerah Klaten.

Bagi mereka yang ingin wisata kuliner, Klaten juga memiliki Warung Apung Rowo Jombor. Sesuai namanya, warung apung ini terapung di atas air, dan puluhan warung ini menghidangkan berbagai jenis masakan ikan air tawar. Lokasi warung apung ini terletak di Desa Jombor Krakitan Bayat, sekitar 6 kilometer selatan Kota Klaten.

Untuk menyegarkan diri setelah lelah mengelilingi Klaten, kita dapat mendatangi Pemandian Umbul Cokro Tulung di Desa Cokro. Berasal dari air tanah asli, mandi di sini tentunya akan sangat menyegarkan. Menjelang bulan puasa, pemandian ini seringkali ramai karena ada ritual yang bernama ‘Padusan’, yaitu menyucikan jiwa dan raga sebelum menunaikan ibadah puasa.

Dengan variasi objek wisata yang ada, Klaten dapat menjadi alternatif wisata yang cenderung murah dan dekat, dibandingkan dengan mengunjungi tempat-tempat wisata di negara lain yang pastinya akan memakan biaya jauh lebih besar. (Dana)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s