Jenis Asuransi Tradisional

Posted on Updated on

jenis asuransi tradisionalSebagai sebuah sarana proteksi, asuransi merupakan alat perlindungan untuk keberlangsungan hidup, keluarga, dan harta benda jika terjadi sesuatu hal yang tidak diinginkan. Untuk masyarakat awam, tentunya kita kurang begitu memahami seluk beluk asuransi dan hanya mengetahui informasi asuransi secara general saja. Ada beberapa hal yang harus diketahui mengenai asuransi tradisional yang banyak dipergunakan oleh masyarakat Indonesia, salah satunya mengenai tiga jenis asuransi tradisional.

  • Asuransi Berjangka

Sesuai dengan namanya, asuransi berjangka atau term life ini memberikan jaminan perlindungan pada waktu yang sudah ditentukan. Sistem asuransi berjangka hanya melindungi Anda selama waktu yang sudah disepakati dan jika tidak terjadi sesuatu yang diinginkan selama waktu tersebut, maka uang premi yang sudah Anda bayarkan tidak akan dikembalikan. Asuransi jenis ini merupakan asuransi yang banyak dipakai oleh masyarakat Indonesia karena jumlah premi yang dibayarkan perbulannya tidak terlalu mencekik leher. Ditambah lagi, penawaran jumlah tanggungan yang akan dikeluarkan oleh perusahaan asuransi jika terjadi sesuatu pada kita cukup besar.

  • Asuransi Seumur Hidup

Berbeda dengan asuransi berjangka yang terikat waktu, asuransi ini memungkinkan kita untuk mendapatkan proteksi hingga umur kita 99 tahun. Ya, meski menggunakan embel-embel seumur hidup, kenyataannya perusahaan asuransi memberikan perlindungan hanya sampai si nasabah berumur 99 atau 100 tahun. Biasanya, ketika kontrak berakhir dan nasabah masih hidup, maka Anda berhak mendapatkan uang tunai dari premi yang selama ini Anda bayarkan. Premi yang dibayarkan tentunya berbeda dengan asuransi berjangka, yaitu sedikit lebih mahal.

  • Asuransi Dwiguna

Endowment atau asuransi dwiguna merupakan sistem asuransi di mana Anda mendapatkan dua keuntungan sekaligus seperti investasi dan proteksi. Jadi, secara sederhana asuransi ini berjalan seperti asuransi berjangka sekaligus tabungan. Sistem asuransi dwiguna cukup populer sebelum unit link dikenal oleh masyarakat Indonesia. Premi yang harus dibayarkan oleh asuransi jenis ini memang jauh lebih mahal sebab nasabah akan mendapatkan bonus secara teratur setiap tiga atau lima tahun.

Setelah mengenal ketiga jenis asuransi ini dengan baik, diharapkan Anda akan bisa lebih mudah memilih program asuransi yang akan Anda ikuti. (Tr)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s