Perhatikan Cara Menyajikan Makanan Untuk Anak

Posted on Updated on

Cara Menyajikan Makanan Untuk AnakKetika anak susah makan, kita sebagai orangtua pasti merasa stress bukan main. Segala cara akan dicoba, namun jarang ada yang berhasil. Sementara di sisi lain, kebutuhan nutrisi pada balita semakin melonjak dan tidak ada asupan yang masuk ke dalam tubuh buah hati kita. Lantas apa yang harus kita lakukan? Jangan terburu-buru menyimpulkan sesuatu. Sebab, bisa saja tanpa disadari kita telah melakukan kesalahan di bawah ini saat memberikan makanan pada anak.

  • Menyajikan makanan dengan tekstur yang terlampau keras. Mungkin kita sebagai orang dewasa tidak menyadarinya, tetapi selera anak terhadap makanan sangat berbeda dengan orang dewasa. Anak akan menyukai makanan dengan tekstur lunak dan tidak terlalu keras. Ingat, pada tahapan ini, anak kita baru membiasakan diri untuk mengunyah. Jangan berikan makanan yang biasa kita makan pada anak karena teksturnya tentu berbeda.
  • Menyajikan makanan dengan rasa yang kuat. Kita mungkin menyukai makanan yang terasa manis, terasa asin, terasa gurih, atau bahkan terasa asam. Namun, lidah anak kita perlu penyesuaian atas semua itu. Patut diketahui, buah hati kita menyukai makanan yang tidak terasa terlalu tajam. Mengapa? Sebab anak kita terbiasa mencicipi air ASI yang tidak memiliki rasa. Itu sebabnya ketika menemukan makanan yang memiliki rasa yang terlalu tajam, anak kita akan menolak untuk memakannya.
  • Menyajikan makanan dalam jumlah besar. Mungkin ada di antara kita yang ‘hobi’ memberikan makanan pada anak dalam jumlah besar dengan pemikiran bahwa anak kita akan cepat kenyang dan tidak rewel. Ada pula yang memberikan makanan dengan porsi yang melampaui batas dengan harapan agar nutrisi anak bisa terpenuhi. Alasan-alasan tersebut memang masuk akal, tetapi cara yang kita lakukan salah. Cara ini justru membuat anak malas makan karena ‘takut’ melihat porsi yang kita sajikan. Porsi yang lebih kecil dan penataan yang unik akan membuat anak lebih tertarik untuk mengonsumsi makanan yang kita sajikan. (Tari)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s