Hidup Sehat Mencegah Serangan Jantung

Posted on Updated on

Penyakit jantung mungkin adalah sesuatu yang sangat ditakuti oleh orang-orang karena sifatnya yang sangat mematikan, serta dapat menyerang siapa saja dan kapan saja. Faktor risiko seperti usia, sejarah keluarga, atau jenis kelamin tentu tidak dapat diubah, tetapi para spesialis jantung telah menemukan bahwa pola hidup sehat dapat mengurangi risiko kita terkena serangan jantung.

Hidup Sehat Mencegah Serangan Jantung

Berikut ini adalah beberapa tips untuk mulai hidup sehat demi mengurangi risiko terkena penyakit jantung.

  • Jangan merokok atau menggunakan tembakau. Merokok adalah salah satu faktor risiko terbesar dalam perkembangan penyakit jantung. Zat-zat kimia di dalam tembakau dapat merusak jantung dan pembuluh darah, sementara karbon monoksida yang ada di dalam asap rokok memaksa jantung untuk bekerja lebih keras menyediakan oksigen. Orang yang sering berada di dekat perokok juga harus berhati-hati, karena perokok pasif juga terkena dampaknya.
  • Berolahragalah secara rutin setidaknya minimal 30 menit per harinya. 30 menit ini tidak harus dilakukan sekaligus, karena belorahraga 10 menit tiga kali sehari juga memiliki efek yang sama.
  • Konsumsi makanan yang ramah bagi jantung. Perbanyak makan buah, sayur-sayuran, dan padi-padian. Kurangilah makan-makanan dengan lemak jenuh atau trans fat, seperti daging merah, produk susu, fast food, dan margarin.
  • Jagalah berat badan agar tidak berlebihan. Untuk melihat apakah berat badan Anda sehat atau tidak adalah dengan menghitung body mass index (BMI). BMI di atas 25 biasanya diasosiasikan dengan risiko serangan jantung lebih tinggi.
  • Tidur yang cukup juga sangat penting. Mayoritas orang dewasa butuh tujuh hingga sembilan jam tidur setiap harinya. Orang-orang yang kurang tidur biasanya memiliki risiko obesitas, darah tinggi, serangan jantung, diabetes, dan depresi yang lebih besar.
  • Lakukanlah cek kesehatan secara berkala, untuk dapat mengetahui apakah jantung dan pembuluh darah Anda sehat atau tidak. Untuk pengecekan tekanan darah, orang dewasa setidaknya mengecek tekanan darah dua tahun sekali. Sebaiknya level kolesterol juga dicek setiap lima tahun sekali, dan tes gula darah juga penting terutama jika keluarga Anda memiliki sejarah diabetes.

Walaupun kita tidak takut akan terkena penyakit atau serangan jantung, ada baiknya juga untuk mengikuti tips-tips ini, karena sesuai pepatah, lebih baik mencegah daripada mengobati. (Dana)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s