Manfaat Teknologi GPS Pada Kendaraan

Posted on Updated on

Teknologi GPS Pada KendaraanGPS (Global Positioning System) merupakan suatu sistem navigasi yang dapat memberikan informasi mengenai lokasi di permukaan bumi dan bekerja menggunakan sinyal satelit. GPS menggunakan 24 sinyal satelit yang mengirimkan sinyal ke bumi. Satelit ini mengelilingi bumi setidaknya 2 kali dalam satu hari. GPS merupakan teknologi yang banyak dimanfaatkan untuk keperluan pribadi maupun bisnis yang berkaitan dengan transportasi. Bisnis rental mobil dan taxi Indonesia merupakan contoh bisnis yang paling umum menggunakan teknologi ini. Namun, mulai banyak juga mobil pribadi yang memilih untuk memasang GPS pada kendaraan pribadinya.

Pemasangan GPS pada kendaraan ini memiliki beberapa alasan, antara lain :

  • Mengetahui lokasi pasti kendaraan

Tingkat kriminalitas yang semakin meningkat akhir-akhir ini, membuat kita harus waspada setiap saat. Pada rental mobil, GPS ini sering digunakan untuk melacak serta mengawasi lokasi mobilnya saat di sewa. Sudah banyak kasus dimana penipuan yang dilakukan penyewa rental mobil, berhasil terungkap karena teknologi ini. Melalui GPS tracker, pemilik rental akan mengetahui posisi kendaraannya setiap waktu. Saat pemilik rental menemukan bahwa lokasi kendaraannya tidak berada pada lokasi yang dikatakan oleh penyewa, maka pemilik rental dapat segera melakukan tindakan.

Hal ini juga berlaku pada taxi Indonesia yang dilengkapi dengan GPS. Operator akan terus memantau lokasi seluruh armada taxi yang beredar di jalanan. Namun, pada taxi teknologi ini juga berfungsi untuk mempermudah armada taxi untuk melakukan penjemputan terhadap pelanggan. Sementara, pada mobil pribadi GPS berfungsi untuk mengetahui lokasi kendaraan ketika terjadi pencurian mobil.

  • Membantu mencari rute perjalanan

Selain mengetahui lokasi pasti kendaraan melalui GPS tracker, kita juga bisa mengetahui rute perjalanan yang ingin kita tuju melalui unit GPS. Tentunya, kita harus meng-install peta lokasi yang kita butuhkan terlebih dahulu (misalnya Indonesia). Setelah itu, kita bisa memilih lokasi tujuan kita dan GPS ini yang akan menunjukkan arah pada kita untuk menuju lokasi tersebut. Setiap kali kita bergerak, GPS akan terus merubah datanya agar sesuai dengan gerakan kita. (Yv)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s