Akses Internet Mudah dan Murah dengan Balon Internet

Posted on Updated on

Balon InternetSaat ini teknologi internet bisa dikatakan tidak bisa dilepaskan dari kehidupan kita sehari-hari. Di Indonesia sendiri kebutuhan internet tidak hanya berpusat di kota-kota besar pusat ekonomi seperti Jakarta saja, namun juga kota-kota di pulau Jawa lainnya. Selain untuk komunikasi, internet juga bisa digunakan untuk berbisnis, makanya banyak pemerintahan daerah, seperti Cirebon yang melakukan pelatihan internet Cirebon bagi warganya untuk bisa memanfaatkannya dengan maksimal.

Sayangnya, tidak semua daerah bisa mendapatkan akses internet ini, terutama daerah-daerah terpencil yang memang minim fasilitas atau sulit untuk dijangkau. Sadar dengan kondisi ini, Google pun mengeluarkan satu solusi yang dianggap dapat mengatasinya, yakni dengan meluncurkan balon internet yang di beri nama “Loon”.

Proyek Loon yang pertama kali diluncurkan pada bulan Juni 2013 lalu ini dimaksudkan untuk menyediakan akses internet yang mudah ke kawasan-kawasan miskin dan terpencil. Loon juga bisa dimanfaatkan untuk jaringan komunikasi di wilayah bencana yang biasanya susah dan terputus. Pada uji coba Juni 2013 lalu tersebut, sebanyak 30 balon udara diluncurkan dari atas kawasan Pulau Selatan, Selandia Baru. Dari situ, balon-balon tersebut akan mengitari bumi sesuai dengan jalur yang sudah ditentukan.

Balon-balon tersebut akan meluncur di ketinggian 20 km dari permukaan bumi dengan menggunakan tenaga surya. Pada ketinggian tersebut balon-balon tersebut akan tersambung ke menara ISP (internet service provider) yang berada di darat. Sinyal internet ini dipancarkan kembali secara nirkabel dan dapat ditangkap oleh dengan perangkat penerima khusus dari permukaan bumi. Kecepatan internet yang didapat dari sinyal internet ini dikatakan setara dengan kecepatan 3G bahkan lebih pada area dengan diameter 40 km.

Di Indonesia sendiri, balon internet juga bukan hal yang asing. Tidak lama setelah Google meluncurkan balon internetnya, pemerintah daerah Klaten juga melincurkan balon udara WiFi bertama di Indonesia pada bulan Agustus 2013 lalu. Namun berbeda dengan balon internet Google yang meluncur mengelilingi bumi, balon WiFi Klaten ini ditempatkan hanya di dua tempat yakni di halaman Kantor Pemkad Kalten serta Alun-alun Pusat Kota Klaten. Masyarakat bisa memanfaatkan internet WiFi ini tanpa dipungut biaya dan tanpa user log-in. (raw)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s