Tips Bersihkan Aki Motor untuk Hindari Gangguan

Posted on Updated on

Memang tidak bisa dipungkiri bahwa aki motor merupakan komponen penting sebuah sepeda motor. Apalagi untuk Anda para pengguna motor matic yang kian hari makin bertambah, dimana aki menjadi sumber energi listrik paling utama untuk jenis motor tersebut. Jenis motor matic merupakan salah satu alat transportasi yang bisa dibilang paling nyaman untuk digunakan sehari-hari. Di samping itu, motor matic dipilih karena tidak ribet dan cukup kecil bodinya.

Mengingat kebutuhan akan jenis sepeda motor matic ini yang cenderung terus menerus mengalami peningkatan setiap tahunnya, maka setiap produsen sepeda motor hampir setiap tahun memproduksi motor ini dengan model terbaru. Maka tidak heran jika kita dengan mudah menemui motor-motor matic dengan model dan warna terbaru sudah banyak digunakan.

Disamping penggunaannya yang mudah dan tidak ribet, masalah perawatannya pun juga tidak terlalu rumit. Semuanya sudah terukur dan akan selalu diinformasikan oleh mekanik ketika melakukan service di bengkel resmi, misalnya saja kapan atau km berapa harus dilakukan service dan mengganti spare part. Jadi, selama nurut akan anjuran sang mekanik tentu ini akan mengurangi adanya gangguan pada sepeda motor matic.

Tips Bersihkan Aki Motor untuk Hindari Gangguan

Namun pasti tanpa kita sadari bahwa setiap pemakaian motor skuter matic tentu akan ada sesekali gangguan atau masalah secara tiba-tiba. Bisa dikatakan ini merupakan kerusakan ringan yang bisa terjadi ketika skuter matic digunakan. Meskipun hanya masalah ringan, namun ini akan berimbas pada aktivitas yang dijalani menjadi terganggu.

Masalah yang sering terjadi pada jenis motor matic, biasanya merupakan masalah ringan yaitu gangguan pada sistem kelistrikan, seperti starter electric mati, klakson tidak bisa digunakan, cahaya lampu menjadi redup. Oleh karena itu, sebaiknya untuk menghindari hal ini terjadi tiba-tiba maka tindakan terbaik adalah berupa pencegahan dengan selalu menjaga kebersihan pada aki motor matic. Apa saja cara dan tips bersihkan aki motor, simak langkah-langkah di bawah ini :

  • Siapkan dahulu beberapa peralatan pendukung seperti obeng plus, sikat gigi bekas, lap dan juga air.
  • Mulailah dengan membuka tutup ruang aki motor dengan terlebih dahulu melepas satu baut menggunakan obeng plus, kemudian cungkil untuk memudahkan membuka tutupnya.
  • Setelah terbuka, maka segera bersihkan kotoran-kotoran yang ada di sisi ruang aki motor dan juga cover aki motor tersebut.
  • Gunakan obeng plus lagi untuk melepaskan dua baut yang ada di cover aki, sehingga mudah dalam melepaskan aki.
  • Setelah terbuka, bersihkan ruang aki motor dengan sikat gigi bekas dan juga lap yang telah di basahi air., sikat sisi-sisi dan bagian dalam ruang aki. Lakukan hal ini secara perlahan.
  • Setelah di sikat, maka lanjutkan dengan mengeringkan ruang aki menggunakan lap kering kemudian didiamkan sehingga benar-benar hilang semua kotoran.
  • Setelah kering bagian dalam aki, tutup kembali dan kemudian cover aki juga dibersihkan dengan lap kering.
  • Langkah terakhir, pasang kembali seperti sedia kala.

Mudah bukan bersihkan aki motor matic ? Lakukan ini secara rutin, atau bersamaan ketika service bulanan di bengkel resmi. Selamat mencoba! Temukan artikel dan informasi otomotif lainnya. -apuy-

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s