Penyebab Keterlambatan Pengiriman Express

Posted on Updated on

pengiriman expressBelanja melalui online shop mulai banyak dipilih oleh konsumen, akibatnya jasa logistik pun semakin dibutuhkan. Terutama untuk jenis produk yang memiliki waktu kadarluarsa cepat, seperti beberapa jenis makanan, jasa pengiriman express yang profesional pasti akan sangat dibutuhkan. Berbelanja melalui online shop memang lebih praktis karena tidak perlu pergi kemana pun juga biasanya harga yang ditawarkan lebih murah dibandingkan dengan toko konvensional.

Hal ini bisa disebabkan karena pada online shop, tidak ada harga sewa toko yang dimasukkan ke dalam harga pokok penjualan (HPP). Selain itu, orang yang berbelanja di online shop biasanya hanya membeli apa yang mereka butuhkan, berbeda jika berjalan-jalan di toko atau Mall, ada berbagai pengeluaran diluar rencana yang sering terjadi hingga menyebabkan biaya yang dikeluarkan akan lebih besar.

Namun, yang sering menjadi masalah bagi online shop maupun konsumennya adalah mengenai keterlambatan barang sampai ke tangan konsumen. Untuk beberapa barang yang tidak memiliki masa kadarluarsa seperti baju atau tas, ini saja sudah sering membuat konsumen kecewa, apalagi jika barang yang terlambat sampai adalah barang yang memiliki waktu kadarluarsa yang singkat. Tentu saja ini akan menjadi masalah tersendiri. Berikut ini adalah beberapa penyebab keterlambatan pengiriman express, baik faktor internal (dari perusahaan jasa logistik) maupun faktor eksternal (pengirim dan penerima barang):

  • Kurangnya Petugas

Jumlah petugas yang terlalu sedikit sementara kuantitas barang yang harus dikirimkan terus meningkat akan menjadi penyebab keterlambatan. Untuk mengatasinya, ada baiknya jika jasa perusahaan jasa logistik menyesuaikan jumlah karyawan dengan perubahan jumlah barang.

  • Peak Season

Pada masa-masa tertentu akan ada saatnya pengiriman barang meningkat drastis, contohnya saja ketika bulan Ramadhan. Semakin mendekati lebaran biasanya perusahaan jasa logistik sudah tidak bisa menjamin kapan barang akan sampai, karena jumlah barang yang harus dikirimkan terlalu banyak.

  • Alamat yang tidak lengkap

Terkadang ada konsumen yang memberikan alamat kurang lengkap, atau salah saat menuliskan alamatnya. Untuk mengatasi hal ini, ada baiknya jika online shop melakukan konfirmasi ulang mengenai alamat dengan menulis ulang dan mengirimkannya pada konsumen untuk di periksa oleh konsumen.

  • Nama yang tidak sesuai

Ada beberapa konsumen yang dikenal dengan nama berbeda di tempatnya dengan nama yang digunakan untuk membeli barang di online shop. Hal ini akan membingungkan, apalagi jika nama yang digunakan untuk berbelanja benar-benar tidak dikenal oleh orang sekitarnya.

  • Tidak ada Nomor Telepon

Nomor telepon ini sangat penting karena kurir akan menghubungi nomor ini jika mengalami kesulitan dalam mencari alamat penerima barang. (Yv)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s