Waspada Penggelapan Pada Car Rental Indonesia

Posted on Updated on

Car Rental Indonesia memang menjadi bisnis yang digemari oleh para pelaku usaha. Bagi yang memiliki modal cukup besar, tentu punya keuntungan tersendiri karena dapat langsung menyediakan berbagai jenis mobil untuk konsumennya. Namun bagi yang memiliki modal terbatas atau bahkan tidak memiliki modal tetapi punya mobil walaupun hanya satu, usaha ini sudah bisa dijalankan. Biasanya rental yang hanya terdiri dari satu mobil dimiliki oleh perorangan, dan tidak jarang mobil yang disewakan itu sebenarnya adalah mobil pribadinya. Terkadang mereka berfikir bahwa daripada mobil itu hanya dipakai sendiri, lebih baik jika disewakan karena biaya sewa yang diterimanya dapat digunakan untuk biaya cicilan mobil tersebut.

Car Rental Indonesia Biasanya mobil milik rental pribadi ini disewakan pada orang-orang yang sudah dikenal saja, seperti tetangga dekat atau keluarga. Hal ini dilakukan agar mudah bagi pemilik rental meminta pertanggungjawaban pada penyewa jika terjadi sesuatu pada mobil. Namun, beberapa rental juga mulai berani menyewakannya pada orang-orang yang belum dikenalnya hanya berdasarkan pada surat perjanjian dan dokumen pendukung lain yang dipercayainya akan melindunginya dari penipuan. Rental seperti inilah yang pada akhirnya menjadi incaran para penipu yang berniat buruk.

Sudah banyak kasus penggelapan mobil yang dilakukan oleh penyewanya. Bahkan ketika pemilik rental mendatangi alamat yang tertera pada foto copy kartu identitas milik penyewa, ternyata alamat tersebut palsu atau sudah berganti kepemilikan. Berikut ini adalah cara yang dilakukan oleh penipuan dengan modus menyewa Car Rental   Indonesia :

  • Penipu biasanya akan menjadikan rental-rental pribadi sebagai korbannya. Alasannya karena prosedur penyewaan pada rental pribadi umumnya lebih mudah di bandingkan rental besar yang biasanya lebih berhati-hati. Selain itu biaya sewa yang lebih murah juga menjadi pertimbangan.
  • Mobil akan disewa dengan sistem lepas kunci selama beberapa hari dan tidak jarang penipu berani membayarnya secara lunas di awal.
  • Setelah mobil berhasil dibawa maka penipu tersebut akan mencari konsumen untuk mobil yang baru didapatkannya. Ada beberapa yang sudah menjadikan penipuan ini sebagai profesi sehingga sudah memiliki langganan sebagai penadah mobil curiannya, tetapi ada juga yang mencari konsumen sendiri dan menjualnya dengan harga murah.
  • Penipu akan menggunakan berbagai alasan ketika konsumen menanyakan kelengkapan surat-surat kendaraan saat konsumen akan membelinya.
  • Setelah mobil berhasil terjual, maka penipu akan mencari rental lain untuk menjadi korban selanjutnya.

Penggunaan GPS pada mobil yang disewakan akan sangat membantu, karena beberapa kasus terbongkar setelah pemilik rental mengecek posisi mobilnya melalui GPS dan di temukan tidak sesuai dengan yang di katakan oleh penyewanya. Selain itu, bagi konsumen yang membeli kendaraan second ada baiknya tetap mengecek semua kelengkapan surat. (Yv)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s