Acara Televisi Yang Baik Untuk Anak

Posted on Updated on

Perkembangan dunia pertelevisian kini banyak memunculkan program tv yang beragam, baik yang positif maupun negatif. Tapi makin ke sini banyak acara dan program tv justru mengarah ke arah yang negatif dan ini menjadi sangat tidak bagus untuk perkembangan anak. Nah dari sini banyak yang beralih untuk menggunakan layanan tv kabel, di mana program yang ditawarkan lebih bervariasi dan bisa diatur sesuai kebutuhan.

Acara Televisi  Yang Baik Untuk Anak

Pelayanan tv kabel khususnya di Indonesia kini makin menjamur dan ini banyak perusahaan tv kabel berlomba-lomba menawarkan paket tv kabel dengan banyak program tv yang bisa dipilih. Tidak hanya di kota-kota besar seperti Jakarta, Surabaya, tapi untuk tv kabel Bali juga ternyata paling diminati oleh penduduk pulau dewata tersebut. Selain di Bali juga, wilayah-wilayah lain yang bukan merupakan termasuk kota-kota besar juga kini bisa menikmati layanan tv berlangganan ini.

Menurut Psikolog Anak dan Keluarga, Anna Srti Ariani (Nina) S.Psi., M.Si, (Nina), beberapa program televisi lokal di Indonesia bisa dibilang cukup memperhatikan karena tidak melihat dampak negatif bagi anak-anak yang menontonnya. Contoh nya saja beberapa acara seperti sinetron yang hanya memperlihatkan kesenangan namun lupa untuk mengajak penontonnya berfikir atau memberikan stimulasi untuk membuat kematangan berfikir para penonton-penontonnya”, tambah psikolog ini.

Namun memang tidak semua tontonan tersebut berdampak negatif untuk anak, karena beberapa acara televisi ada yang masih memberikan tayangan edukasi dan anak yang memang dikhususkan untuk anak-anak. Lalu apa saja Program Acara Televisi Yang Baik Untuk Anak ?

  • Serial animasi kartun

Tentu serial kartun yang mendidik pastinya, di mana alur cerita menginformasikan keteladanan yang bisa dilakukan pada kehidupan sehari-hari. Contohnya, Upin dan Ipin, Doraemon, Dora dan sebagainya. Sekarang juga sudah banyak acara televisi khusus nya sinetron yang memang ditunjukkan untuk anak-anak. Di mana di dalam sinetron tersebut, ada pesan-pesan moral baik yang bisa dicontoh para penontonnya.

Namun tentu jangan dibiarkan juga untuk anak-anak menonton terus-menerus, karena tentu ini bisa juga mengganggu waktu belajar nya. Akan lebih baik jika para orang tua memberi batas waktu menonton televisi.

  • Program petualangan dan Ensiklopedia

Menonton progam tv di layar televisi yang bersifat penjelajahan dan petualangan ke berbagai tentu bisa menambah pengetahuan bagi setiap penontonnya. Memang tayangan ini ditunjukkan untuk para remaja, namun tidak bermasalah jika anak-anak ingin menonton nya dan mohon untuk para orang tua selalu membimbingnya. Sehingga ketika si anak bertanya, maka dengan mudah ia mendapat penjelasan mengenai hal yang ia tanyakan.

Untuk tayangan ini sudah ada di televisi lokal maupun pada layanan tv kabel, sehingga para penonton yang menggunakan tv kabel lebih mudah dan memberikan tontonan untuk anak-anak. Contoh program televisi yaitu Si Bolang (Trans 7).

  • Program religi

Banyak program televisi yang dikemas dalam sebuah sinetron religi yang kini lumayan banyak penggemarnya. Selain sinetron religi, program religi seperti siaran rohani juga merupakan program televisi yang bagus dinikmati. Bahkan banyak orang tua yang lebih sering mengajak anak-anak untuk mengikuti pengajian dan madrasah di sore hari.

  • Program olahraga

Tidak hanya para pelanggan tv kabel yang bisa menonton program-program olahraga dengan langsung, namun beberapa tv lokal pun terkadang menayangkan program-program olahraga seperti sepakbola (Piala Dunia), Badminton, dan lain-lain. Tayangan ini tentu merupakan tayangan edukasi dan bisa melihat minat serta bakat anak ketika ia menonton program olahraga.

Namun akan lebih baik untuk menemani anak-anak ketika sedang menonton televisi, sehingga kita bisa memonitor dan memberikan arahan tentang tayangan televisi mana yang boleh dan tidak. Semoga bisa berguna! -apuy-

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s