Bimbinglah Anak Saat Menonton Acara Televisi

Posted on Updated on

Menonton acara televisi bersama keluarga saat liburan merupakan hal yang sederhana namun menyenangkan. Berbagai acara ditawarkan oleh PH dengan berbagai tema cerita, salah satu PH yang sudah banyak memproduksi berbagai macam acara yaitu MD Entertainment Indonesia. Berbagai jenis tayangan di hadirkan untuk menarik minat penonton.

Bimbinglah Anak Saat Menonton Acara Televisi

Banyak acara televisi yang dapat memberikan efek positif bagi yang menonton nya, misalkan acara yang membahas tentang ilmu pengetahuan yang dapat menambah wawasan penontonnya, atau acara religi yang dapat mengajarkan penontonnya hal apa yang boleh dilakukan atau pun tidak boleh dilakukan. Oleh karena itu Bimbinglah Anak Saat Menonton Acara Televisi, walaupun banyak hal positif yang bisa didapatkan dengan menonton televisi namun jangan lupa bahwa televisi juga dapat memberi efek negatif terutama bagi anak-anak, antara lain:

  • Mendapat berbagai kosakata baru bagi anak yang baru belajar bicara

Anak yang sedang belajar bicara biasanya aka mengingat bahkan meniru apa yang mereka dengar. Walaupun acara kartun ataupun sinetron anak-anak yang ditontonnya ada baiknya orang tua tetap mengawasi apakah dialog dalam acara tersebut layak untuk di ucapkan oleh anak-anak.

  • Anak akan meniru adegan yang disaksikan

Perhatikan berbagai adegan yang ditampilkan, ketika ada adegan berbahaya atau tidak pantas yang di tampilkan sebaiknya orang tua memberikan pengertian pada anak bahwa hal tersebut tidak boleh ditiru.

  • Menggabungkan khayalan dengan kenyataan

Banyak anak kecil ataupun remaja yang mulai menganggap bahwa apa yang mereka saksikan di televisi merupakan sebuah kenyataan dan bahkan banyak dari mereka yang sampai ingin menjadi seperti yang mereka saksikan di televisi. Baik dari segi penampilan, tingkah laku atau situasi yang mereka buat seperti dalam tayangan yang mereka tonton.

  • Membuat anak kurang menghargai proses

Dalam tayangan televisi banyak ditampilkan keberhasilan tanpa melalui berbagai proses terlebih dahulu. Hal ini akan membuat anak menjadi menganggap mudah segala sesuatu dan kurang menghargai proses untuk mencapai suatu hal.

  • Mengurangi minat belajar

Banyak anak yang lebih memilih menghabiskan waktunya di depan televisi dibandingkan dengan belajar. Ditambah lagi dengan banyaknya tv berlangganan yang beredar dan menawarkan lebih banyak ragam acara di bandingkan free tv biasa.

Meluangkan waktu untuk mendampingi anak menonton acara favorit nya di televisi bukanlah hal yang sulit namun akan sangat bermanfaat bagi anak.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s