Awas, Bahaya Kecanduan Gagdet!

Posted on Updated on

Mainan Anak seperti gadget kini menjadi pilihan yang banyak dipilih oleh para orang tua. Alasannya karena penggunaan gadget bisa dipergunakan untuk mengawasi tumbuh kembang si anak. Maraknya penggunaan gadget saat ini memang menjadi alat yang dijadikan sebagai alat komunikasi dan juga media permainan. Selain itu, alasan lain banyaknya pengguna smartphone adalah harga smartphone yang cenderung murah dan mudah dijangkau oleh para masyarakat.

Bahaya Kecanduan Bermain Gagdet

Bermain GagdetMainan Anak memang sudah seharusnya diberikan untuk membantu dan menunjang tumbuh kembang si anak. Jadi, dibutuhkan mainan anak yang bisa mengasah dan melatih kemampuan otak dan saraf motorik demi pertumbuhan si anak tersebut. Namun terkadang para orang tua malah memberikan mainan anak tanpa memikirkan efek dari mainan anak tersebut. Seperti gadget atau smartphone yang dijadikan mainan anak. Tapi pernahkah kita sadari, bahwa dengan memilih gadget itu justru akan membuat si anak menjadi kecanduan dan mengakibatkan resiko-resiko yang akan ditimbulkan seperti :

  • Gangguan Pada Mata

Mainan anak seperti gadget ini akan memberikan efek yang buruk bagi mata si anak tersebut. Kenapa ? Karena dengan berlama-lama menggunakan gadget ini akan mengakibatkan mata menjadi mudah lelah. Dan buruknya mata anak akan menjadi minus.

  • Gangguan Pada Saraf Leher

Bermain gadget terlalu lama dan posisi yang membungkuk, ini akan berkibat resiko pada saraf leher. Tentunya jika terus menerus dilakukan, maka akibatnya akan leher akan menjadi sakit dan tubuh menjadi bungkuk.

  • Gangguan Pada Psikologi Anak

Terlalu lama main gadget akan mengakibatkan gangguan pada psikologi anak. Anak yang terlalu sering bermain gadget dalam waktu yang lama akan mengalami kesulitan untuk bersosialisasi dengan lingkungan sekitar dan dengan teman sebayanya. Akibatnya anak akan cenderung tidak suka berbagi dan cenderung pendiam.

Menghindari Bahaya Kecanduan Bermain Gadget

Terus bagaimana cara para orang tua untuk menghindari gangguan dan bahaya akan kecanduan bermain gadget di atas ? Berikut beberapa cara yang dapat diterapkan oleh orang tua untuk menghindari bahaya bermain gadget pada anak :

  • Batasi Waktu Main

Jika orang tua memilih gadget sebagai mainan anak, maka langkah tepat untuk menghindari kecanduan bermain gadget adalah dengan membatasi waktu bermain gadget untuk si anak. Misalnya dengan memberikan waktu main gadget maksimal 2 jam sehari.

  • Letakkan Gagdet Sejajar Dengan Pandangan Mata Ketika Bermain

Mainan anak seperti gadget ini akan membuat para penggunanya akan cenderung bungkuk ketika menggunakannya. Dan karena ini saraf leher akan terganggu dan tubuhpun akan menjadi bungkuk. Untuk itu, beri informasi kepada si anak untuk meletakkan gadget sejajar dengan pandangan mata untuk membuat saraf leher tidak terganggu.

  • Lakukan Peregangan

Masih berhubungan dengan masalah saraf leher, maka sering-seringlah melakukan peregangan baik sebelum bermain ataupun ketika bermain gadget. Peregangan safar leher ini dilakukan dengan menggerakan leher untuk menengok ke kanan dan ke kiri. Untuk melakukan latihan peregangan ini minimal dilakukan selama 15 menit baik sebelum dan ketika bermain gadget.

Awas, Bahaya Kecanduan Gagdet! Semoga ini bisa bermanfaat. -apuy-

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s