Mau Kamera Dan Lensa Awet ?

Posted on Updated on

Tips Perawatan Kamera Dan LensaCamera.co.id Toko Kamera Murah Di Indonesia memang toko kamera murah terbaik dengan kualitas dan pelayanannya yang memuaskan. Namun setelah Anda membeli kamera di Camera.co.id Toko Kamera Murah Di Indonesia tentunya mau dong kamera dan lensa awet dan tahan lama, sehingga dapat dipergunakan dalam jangka waktu yang lama.

Semua jenis kamera yang ada baik kamera digital, kamera SLR, dan jenis lainnya pasti akan sama dengan barang-barang elektronik yang mempunyai masa atau waktu penggunaannya. Oleh karena itu dibutuhkan perawatan yang ekstra dan juga rutin dilakukan. Ini karena kamera mempunyai komponen-komponen yang sensitive dan mudah rusak jika kita sebagai penggunanya ceroboh dan sembarangan dalam penggunaannya. Mau Kamera Dan Lensa Awet ? Berikut beberapa tips praktis perawatan kamera dan lensa :

  • Jauhkan dari air dan basah. Air bisa menyebabkan kelembaban didalam internal kamera. Akibatnya akan membuat komponen internal menjadi rusak. Kondisi akan berbeda jika kamera dan lensa sudah memang dinyatakan waterproof atau weather sealed, akan tetapi bukan berarti Anda bisa membiarkan jika masuk ke dalam air.
  • Rutin dalam menjaga kebersihan lensa kamera. Ini perlu diperhatikan ketika sedang membersihkan lensa, usahakan untuk tidak langsung menyemprotkan cairan pembersih ke lensa. Ada baiknya semprotkan dulu ke lap microfiber, kemudian baru bersihkan lensa.
  • Selalu matikan kamera ketika akan mengeluarkan baterai atau memori card. Terutama jika ingin memindahkan data ke komputer, karena kamera mempunyai komputer didalamnya. Bisa jadi sistem akan menjadi rusak, karena tidak tahan akan perubahan arus listrik secara mendadak.
  • Hindari meninggal kamera di dalam mobil dalam waktu lama. Kondisi ini jika mobil Anda terkena panas dari sinar matahari secara langsung. Sebab, kamera sendiri memiliki rentang suhu aman dan akumulasi panas tertentu jika dibiarkan dalam mobil.
  • Hindari terkena garam. Biasanya kamera akan mudah berkarat jika terkena garam pada saat pemotretan di dekat laut. Gunakan lap yang telah dibasahi untuk menghilangkan sisa garam yang menempel pada kamera.
  • Jangan dipaksa kalau tidak bisa. Kamera dan lensa memiliki beberapa bagian yang bergerak seperti tombol. Jika ada yang macet, usahakan untuk tidak diputar atau dibuka secara paksa. Untuk lebih aman, bawa langsung ke service center terdekat untuk langsung diperbaiki.
  • Ganti lensa ketika mengambil gambar diluar ruangan. Ini khususnya untuk kamera DSLR, di mana ini untuk meminimalkan resiko kamera kemasukkan oleh debu.
  • Simpan kamera dan lensa di tempat yang jauh dari cahaya sinar matahari. Ada baiknya bagi setiap pemilik kamera untuk menyediakan budget tertentu untuk membeli tempat untuk meletakkan kamera seperti dry box atau dry cabinet. Ini dilakukan untuk menjaga dan mengontrol tingkat kelembaban. Mau tahu cara menyimpan kamera dan lensa, baca juga Cara Menyimpan Lensa dan Kamera Yang Tepat.

Jadi, sudah tahu kan bagaimana cara merawat kamera dan lensa supaya awet tahan lama ? Selamat mencoba! –apuy-

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s