Cara & Prinsip Kerja Lemari Es

Posted on Updated on

Lemari EsLemari Es, kita pasti sudah mengetahui fungsi dan manfaat dari lemari es. Di mana lemari es berfungsi untuk menyimpan makanan dan minuman sehingga tetap fresh. Selain sebagai tempat penyimpanan makanan, lemari es juga bisa mendinginkan makanan dan minuman. Sekarang lemari es sudah menjadi peralatan rumah tangga pokok dan harus dimiliki dalam setiap rumah. Dan hampir di setiap rumah yang ada Indonesia khusus nya Ibukota Jakarta memiliki lemari es.

Cara Kerja Lemari Es

Lemari es menggunakan energi listrik dalam pengoperasiannya. Jumlah besar nya kapasitas listrik yang dibutuhkan tergantung dari berapa besar kapasitas / volume dari lemari es tersebut. Tapi bagaimana cara & prinsip kerja lemari es ? Proses kerja dari lemari es ini dimulai dari bagian kompresor, di mana kompresor ini merupakan jantung nya lemari es sebagai tenaga penggerak.  Ketika dialiri listrik, maka motor dari kompresor tersebut akan bergerak dan berputar memberikan tekanan pada bahan pendingin. Bahan pendingin tersebut berwujud gas dan jika diberi tekanan, maka suhu dan tekanan dari bahan pendingin tersebut akan tinggi.

Bahan pendingin yang telah meningkat suhu nya, ini memungkinkan refrigerant akan mengalir ke kondensor. Pada sebuah titik kondensasi, gas tersebut akan berproses menjadi mengembun dan akan kembali menjadi cair. Nah, refrigerant cair tersebut yang bertekanan tinggi akan terdorong menuju ke dalam pipa kapiler. Dengan begitu, refrigerant akan ikut naik ke evaporator karena adanya tekanan kapilaritas yang ada pada pipa kapiler. Ketika ada di dalam evaporator, refrigerant cair ini akan menguap dan akan berubah wujud semula menjadi gas yang tekanan dan suhu nya yang sangat rendah.

Semua proses tersebut, akan membuat udara yang ada di antara evaporator ikut menjadi rendah dan berubah menjadi cair. Kondisi yang terus berulang itu, akan menyebabkan udara membeku dan menjadi butir-butir es. Hal tersebut juga akan terjadi pada benda khususnya benda cair yang diletakkan di dalam evaporator.

Semoga artikel dan informasi ini bermanfaat. -apuy-

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s