Asuransi Jiwa Atau Investasi, Mana Yang Lebih Baik ?

Posted on Updated on

Sedang mencari Asuransi Jiwa ? Sebenarnya ini merupakan hal yang tidak sulit. Karena banyak agen asuransi jiwa akan dengan senang hati untuk datang dan menjelaskan tentang produk asuransi termasuk asuransi jiwa. Apalagi menanyakan unit link, pasti senang hati para agen asuransi akan menawarkan unit link tersebut.

Asuransi Jiwa Vs Unit Link

Asuransi Jiwa Atau InvestasiAsuransi Jiwa sendiri merupakan sebuah perlindungan yang memberikan proteksi terhadap sebuah resiko yang tidak terduga untuk jiwa seseorang dan anggota keluarga yang menjadi tertanggung. Sedangkan unit link merupakan salah produk asuransi, namun unit link ini lebih kepada sebuah investasi. Banyak perusahaan asuransi yang ada juga menawarkan produk unit link sebagai produk unggulan dari banyak perusahaan asuransi jiwa. Namun unit link sendiri merupakan bagian dari produk asuransi, di mana biaya nya mahal dan memiliki komponen biaya yang juga tinggi.

Salah Paham

Mengapa unit link lebih populer dibandingkan dengan asuransi jiwa ? Tentu nya karena komisi dari hasil penjualan unit link jauh lebih besar daripada produk asuransi jiwa. Namun, apakah ikut unit link sebagai sebuah sarana asuransi jiwa terbaik sebagai bentuk perlindungan diri Anda ? Banyak masyarakat Indonesia yang menganggap bahwa unit link adalah sebagai asuransi. Namun ini salah kaprah, karena sebenarnya unit link sendiri digolongkan sebagai sebuah produk investasi walaupun yang mengeluarkan nya adalah perusahaan asuransi.

Setiap orang yang membeli unit link merasa bahwa dia membeli satu dapat dua (proteksi dan juga investasi). Padahal seringkali, pada kenyataannya uang pertanggungan dari asuransi tersebut lebih rendah dari yang sebenarnya dibutuhkan. Sedangkan investasi yang diberikan juga tidak mampu memberikan hasil yang maksimal, karena itupun harus dikurangi biaya-biaya lainnya.

Asuransi Jiwa tergolong produk asuransi berjangka, di mana biaya untuk premi yang akan dibayarkan dalam jangka waktu tertentu sehingga nilai preminya relatif kecil. Jika pada unit link, premi yang Anda harus bayarkan merupakan gabungan antara premi asuransi yang didapat berupa asuransi jiwa seumur hidup dengan premi investasi di dalamnya.

Jadi, mana yang lebih baik dari asuransi jiwa atau investasi (unit link) menurut Anda ? –apuy-

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s