Kiat Membuat Lemari Es Tetap Dingin

Posted on Updated on

Tips Membuat Lemari Es Tetap DinginLemari Es merupakan lemari pendingin makanan yang membuat makanan tetap dingin. Pada lemari es, `pross pendinginan akan bekerja dengan baik karena ada nya kerja sama antara komponen lemari es seperti freon, kompresor, dan kondensor. Dengan proses pendinginan yang baik, maka segala macam jenis makanan atu minuman akan tetap dingin di dalam lemari es. Bukan hanya menjaga tetap dingin, tentu nya menyimpan makanan dalam lemari es haru menggunakan wadah yang bagus untuk menjaga kualitas makanan tersebut tetap enak ketika di makan.

Proses pendinginan pada mesin pendingin atau lemari es, freon ini dipadatkan volume nya oleh kompresor dan kemudian oleh kondensor suhu nya diturunkan sehingga suhu di dalam lemari es menjadi dingin. Untuk lemari es yang berukuran 120ml akan mampu memakai daya listrik sebanyak 50 watt ketika pertama kali di hidupkan, sedangkan 12 watt saat berpindah ke mode standby. Kenapa 50 watt ? Ini tentu dalam proses nya di mana motor dari kompesor lemari menarik daya listrik dari hal-hal yang seperti nya sepele seperti sering nya buka tutup lemari es. Ketika lemari es di buka, lampu yang ada di dalam lemari es akan secara otomatis menyala dan ini akan menarik daya listrik sebesar 5 – 10 watt.

Suhu pada lemari es akan naik, akibat dari panas lampu lemari es yang menyala ketika dibuka dan  hal ini juga membuat udara dingin akan terbuang. Ketika pintu lemari es di tutup, kompresor akan kembali bekerja dan otomatis menarik daya listrik untuk kembali pada suhu awal. Namun semua ini akan dapat diperingan, jika lemari es tidak di setel dengan suhu yang rendah apabila lemari es relatif kosong. Jika terlalu sering buka tutup lemari es akan menyebabkan kebocoran pada freon selain itu filter yang akan akan terseumbat. Semua hal ini akan membuat efektifitas lemari es menjadi berkurung dan cenderung turun atau kulkas menjadi tidak dingin. Untuk menghemat energi yang digunakan untuk lemari es, ada tips khusus  agar menjaga lemari es tetap dingin dan efektif  :

  • Jangan pernah untuk memasukkan makanan atau minuman dalam keadaan masih panas.
  • Usahakan untuk mengisi lemari es tiak melebihi kapasitas dari lemari es itu sendiri.
  • Karena kulkas juga membuang udara panas, maka setidaknya beri jarak minimal 15 cm dari dinding rumah Anda. Ini dilakukan untuk membuat kinerja kompresor lemari es dapat terjaga dengan baik.
  • Posisikan lemari es untuk jauh dari sumber panas baik matahari atau kompor.

Semoga beberapa kiat membuat lemari es tetap dingin dapat bermanfaat dan sekaligus membantu dalam proses penghematan energi. –apuy-

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s