Cerdas Menggunakan Kartu Kredit

Posted on Updated on

Cerdas  Menggunakan Kartu KreditKartu Kredit, tentu nya kata itu tidak asing ditelinga para masyarakat di Indonesia dan seluruh dunia. Banyak nya penawaran sales kartu kredit, terkadang akan membuat tidak enak hati untuk menolak nya. Namun sebenarnya tidak perlu merasa bersalah karena menolak tawaran para sales kartu kredit karena bukan hanya Anda satu-satu nya yang tergoda untuk menerima tawaran dan memiliki kartu kredit pada akhir nya. Nah, sekarang cobalah untuk melihat isi dompet Anda. Setelah cek, ada berapa kartu kredit yang telah Anda miliki ? Apakah satu, dua, tiga, atau lebih ? Cek kembali lembaran tagihan nya dan jawab beberapa pertanyaan berikut ini :

  • Berapa total jumlah tagihan dari semua kartu kredit yang Anda miliki ?
  • Berapa jumlah pembayaran yang pernah Anda lunasi pada waktu sebelum nya ? Atau Anda masih menyisakan tagihan kartu kredit ?
  • Apa saja yang Anda beli dengan menggunakan kartu kredit tersebut ? Apakah semua yang di beli merupakan kebutuhan yang diperlukan ?

Seluruh tagihan kartu kredit, berapa pun total nya itu tetap harus dlunasi. Karena prinsip dari menggunakan kartu kredit yang tepat adalah jika Anda telah memiliki simpanan berupa tabungan dana di sebuah bank. Hal yang perlu dingat, kartu kredit bukan merupakan simbol dari sebuah status sosial dan alat penumpuk hutang. Kartu kredit ini hanya berfungsi sebagai alat penunda, memudahkan dan mengamankan cara pembayaran dari sebuah transaksi.

Kartu kredit sendiri bisa diibaratkan berupa pisau bermata dua, dimana satu sisi bisa digunakan sebagai alat pembayaran yang efektif dan praktis. Sedangkan sisi lain nya dapat menjadi berbahaya jika si pengguna kartu kredit tidak menggunakan dengan cerdas. Kartu kredit dapat menimbulkan kesan seolah-olah Anda tidak perlu mengeluarakn uang tunai dalam setiap transaksi pembelian barang. Karena hal ini akan membuat Anda tidak peka dan cenderung boros terhadap pengeluaran. Oleh karena itu, berikut di bawah ini tips cerdas menggunakan kartu kredit :

  • Cobalah untuk membayar semua beban atau biaya untuk setiap kebutuhan dalam jumlah yang kecil dan utamakan untuk transaksi dengan tunai.
  • Usahakan gunakan kartu debit jika transaksi yang dilakukan cukup besar.
  • Penggunaan kartu kredit untuk hal-hal yang bersifat darurat saja, seperti biaya pengobatan atau rumah sakit, dan lain-lain.
  • Lunasi secepat mungkin semua tagihan kartu kredit Anda.
  • Di saat menerima amplop tagihan yang di mana didalam nya terdapat buku penawaran barang dengan harga promosi, baca dengan cepat dan tepat, serta usahakan untuk memilih apa yang benar-benar menjadi kebutuhan yang memang sedang Anda butuhkan. Namun, jika dari semua produk yang ditawarkan tidak ada yang menjadi kebutuhan yang sedang Anda cari segeralah untuk membuang buku penawaran tersebut.
  • Selalu menyimpan seluruh bukti pembayaran pelunasan kartu kredit selama tiga bulan terakhir.

Dengan ada nya kartu kredit hidup Anda akan jauh lebih mudah, dan untuk itu berusaha untuk menggunakan kartu kredit dengan cara yang cerdas an juga bijaksana. -apuy-

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s