Semua Hal Tentang Digital Printing

Posted on Updated on

Digital PrintingSemua Hal Tentang Digital Printing adalah penting ketika memutuskan untuk masuk ke dalam dunia bisnis percetakaan. Khusus untuk Digital Printing Jakarta sendiri sudah mulai banyak pengusaha-pengusaha yang ikut ke dalam bisnis percetakan khusus nya percetakan digital. Biasa nya digital printing ini digunakan untuk mencetak dalam format dan ukuran besar seperti poster, spanduk, foto, dan sebagai nya. Digital Printing sendiri merupakan salah satu jenis percetakan yang ada, namun digital printing sendiri bisa jalan hanya menggunakan media komputer atau desktop dan juga menggunakan printer jenis inkjet laser.

Digital Printing Jakarta dan seluruh percetakan pasti akan membutuhkan data baik dalam bentuk gambar maupun tulisan. Proses cetak nya pun tidak menggunakan pelat cetak sebagaimana jenis percetakan lain nya. Akan tetapi proses cetak dengan digital printing, pasti diperlukan persiapan umum seperti menyelesaikan setiap huruf yang akan dicetak dan beberapa persiapan grafis untuk memasukkan data berupa file asli gambar dan juga tulisan yang diperlukan. Digital Printing sendiri mempunyai beberapa metode lain seperti menggunakan Autochrome termal yang khusus untuk bidang fotografi. Metode lain yang bisa digunakan dalam Digital Printing yaitu dye sublimation yang berfokus dalam pemeriksaan untuk kualitas tinggi dan cetak foto. Metode lain yang digunakan dalam digital printing dengan tinta padat serta lilin panas.

Digital Printing memiliki keunggulan lebih banyak jika dibandingkan dengan percetakan offset. Digital Printing ini langsung mencetak dari file atau data digital yang dikirim ke printer baik inkjet mau pun laser atau jenis printer digital lainnya. Beberapa keunggulan dari digital printing antara lain :

  • Murah dan tidak banyak memakan waktu dalam proses percetakan. Biaya operasi yang murah menjadi keunggulan jasa digital printing dibandingkan dengan jenis percetakan lain. Proses cetak dengan digital printing menjadi lebih cepat
  • Tidak perlu mengeluarkan biaya untuk plat. Digital Printing yang memanfaatkan teknologi seperti komputer dengan bantuan printer digital akan menghilangkan dana yang harus dialokasikan untuk membeli plat sebagai alat cetak.
  • Digital Printing menjadi proses cetak menjadi lebih cepat, murah, dan dapat mencetak dalam berbagai variasi.
  • Persiapan data untuk proses cetak menjadi lebih mudah, jika para operator nya sudah terbisa dengan komputer, aplikasi dan penggunaan printer. Namun persiapan data menjadi lebih sulit bagi mereka yang tidak terbiasa dengan metode cetak dengan digital printing.
  • Kualitas cetak dari digital printing memang kurang jika dibandingkan dengan cetak offset, namun untuk hal ini para pelanggan akan mengabaikan karena proses cetak nya yang cepat. –apuy-

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s