Waspada Dalam Memilih Power Bank

Posted on Updated on

Power BankWaspada dalam memilih power bank ini diperlukan untuk menghindari power bank dengan kualitas dan mutu yang kurang bagus. Apalagi sekarang banyak toko yang mencoba jual power bank murah, baik offline atau menggunakan jasa online. Power bank sekarang sudah menjadi kebutuhan sebagai perangkat tambahan untuk gadget (smartphone atau tablet). Mengingat banyak dari gadget baik smartphone dan tablet selalu terhubung dengan internet. Sehingga ini akan mengakibatkan baterai smartphone atau tablet tersebut cepat habis dengan cepat. Ini disebabkan karena daya baterai masing-masing gadget baik smartphone dan tablet memiliki kemampuan yang berbeda-beda. Kekuatan dari baterai gadget ini sangat dipengaruhi oleh layar gadget. Makin besar layar gadget, akan menyedot banyak energi yang akan digunakan. Selain itu, performa setiap gadget baik smartphone atau pun tablet juga berbeda sehingga baterai yang memiliki energi yang lebih besar dan lebih tahan lama daripada energi yang lebih kecil.

Banyak toko yang jual power bank murah merupakan produksi dari negeri China. Power bank murah ini ditawarkan dengan kapasitas atau daya yang besar, dan juga harga beli yang murah namun apakah power bank murah tersebut aman untuk smartphone dan tablet Anda ? Banyak yang mengeluarkan pendapat bahwa harga juga ikut menentukan kualitas. Ada beberapa isu yang beredar tentang bahaya setelah menggunakan power bank murah dan berkualitas buruk antara lain :

  • Panas yang sangat berlebihan (overheat). Dengan panas yang berlebihan, maka ini akan cepat membuat baterai gadget (smartphone atau tablet) lebih cepat dan mudah rusak. Akibat lain jika panas yang berlebihan juga ajak menyebabkan hardware lain yang ada di dalam gadget tersebut akan ikut rusak. Bahkan bisa menjadi lebih parah, gadget akan meledak seperti beberapa kasus yang telah terjadi yang diakibatkan oleh smartphone meledak.
  • Kapasitas power bank tidak sesuai dengan informasi pada bagian luar. Ini banyak ditemukan, ketika para pembeli sudah membuka kardus power bank. Untuk itu, cobalah untuk memastikan kapasitas yang ada di kardus dan di power bank sesuai.
  • Power bank lebih cepat rusak atau bocor. Ini akan menyebabkan power bank tidak terisi ketika di charge, sehingga ini harus diperbaiki. Maka dari itu, garansi menjadi hal yang penting ketika membeli power bank di toko yang jual power bank murah. Pastikan garansi tersebut harus ada minimal 1 tahun untuk produk power bank tersebut.

Demikian beberapa hal yang menjadi perlu di waspadai dan menjadi perhatian ketika memilih power bank. -apuy-

One thought on “Waspada Dalam Memilih Power Bank

    Coco day said:
    02/02/2014 at 3:33 am

    Memang kita harus lebih teliti untuk memilih power bank yg bermutu,jangan terpengaruh dengan harga.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s