Tips Mudik Lebaran

Posted on Updated on

Tips Mudik LebaranMudik Lebaran dengan menggunakan mobil dari jasa rental mobil merupakan pilihan bagi Anda dan keluarga. Pilihan menggunakan mobil dari jasa rental mobil ini banyak dipilih untuk melakukan mudik lebaran dengan menempuh jalur darat. Mudik lebaran sendiri merupakan sebuah tradisi dan budaya masyarakat Indonesia menjelang Hari Raya Idul Fitri tiba. Biasanya persiapan mudik ini, akan jauh-jauh hari di persiapkan mulai dari sewa mobil dari jasa rental mobil sampai menyiapkan dan memilih barang bawaan untuk sanak saudara di kampung halaman. Untuk itu berikut beberapa tips mudik lebaran yang bisa dilakukan untuk mudik dengan aman dan nyaman :

  • Siapkan Kondisi Tubuh. Hal ini harus dipersiapkan khusus nya yang mengemudikan kendaraan jika mudik lebaran menggunakan jalur darat dan sewa mobil dari jasa rental mobil. Apalagi perjalanan mudik lebaran yang cukup jauh, pasti akan membutuhkan konsentrasi dan tenaga yang cukup banyak. Untuk itu banyak konsumsi vitamin dan olahraga untuk menjaga tubuh tetap dalam kondisi fit dan prima ketika mudik.
  • Siapkan Bekal Untuk Mudik. Selain mempersiapkan kondisi tubuh sebelum mudik, ada juga persiapan yang harus dipenuhi. Pasti setiap mudik, Anda dan keluarga mempersiapkan bekal dan beberapa hadiah untuk saudara-saudara di kampung halaman. Namun perlu diperhatikan untuk tidak membawa bekal dan hadiah dalam jumlah yang berlebihan, karena ini akan menyebabkan kelebihan muatan pada mobil yang Anda sewa dari jasa rental mobil.
  • Siapkan Kendaraan. Setiap kendaraan baik mobil atau motor haruslah dipersiapkan sebelum mudik. Apalagi mudik dengan mobil sewaan dari jasa rental mobil, pasti ini akan butuh lebih banyak perawatan yang teliti. Mulai dari pengecekan ban, mesin, bahan bakar, oli, dan peralatan pelengkap. Untuk itu pastikan mobil sewaan dari jasa rental mobil ini dicek terlebih dahulu sebelum digunakan.
  • Pastikan Rumah Aman Ketika Di Tinggal Mudik. Setiap hari raya lebaran tiba, pasti banyak warga yang akan mudik dan rumah menjadi kosong. Tentu nya ini akan membuat para pencuri berkeliaran mencari rumah-rumah yang di tinggalkan pemilik nya. Sebaik nya untuk menghindari hal ini terjadi, Anda bisa menitipkan kunci rumah kepada tetangga yang tidak mudik, sekaligus minta bantuan untuk selalu cek keadaan rumah. Atau jika memungkinkan, Anda bisa memasang kamera CCTV di beberapa titik seperti di halaman, ruang tamu, kamar tidur.
  • Packing Barang Bawaan Dengan Benar. Packing di sini mempunyai fungsi untuk memudahkan Anda ketika mencari barang bawaan yang dibutuhkan. Untuk itu cobalah untuk mengurutkan barang bawaan berdasarkan kebutuhan nya. Barang bawaan yang dibutuhkan ketikan perjalanan mudik, sebaiknya di letakkan paling atas sehingga ketika membutuhkan bisa langsung di ambil.
  • Pilih Waktu Keberangkatan. Waktu mudik yang tepat adalah pada saat malam hari, karena di malam hari jalanan akan cenderung lebih sepi namun Anda harus lebih waspada dan berhati-hati dalam sepanjang perjalanan. Selain itu, waktu yang tepat untuk mudik lebaran ada baiknya jauh-jauh hari sebelum hari raya. Ini karena biasa nya jika terlalu dekat dengan hari raya maka Anda dipastikan akan terburu-buru dalam mengendarai mobil.

Sekian artikel mengenai tentang tips mudik lebaran, semoga tips ini dapat bermanfaat untuk Anda yang memilih untuk merayakan hari raya lebaran di kampung halaman. -apuy-

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s