Jenis Lapangan Olahraga Futsal

Posted on Updated on

Lapangan FutsalJenis lapangan futsal yang paling banyak digunakan adalah menggunakan rumput futsal. Namun sebenarnya, untuk lapangan olahraga futsal ini ada berbagai jenis lapangan yang bisa digunakan. Bentuk lapangan sangat berpengaruh banyak terutama untuk mendukung olahraga futsal dengan baik. Ini penting, karena dengan permukaan lapangan yang kurang baik dan terjadi kepadatan pada lapangan maka akan mengakibatkan cedera para pemain. Tidak hanya faktor jenis lapangan, faktor penunjang seperti sepatu futsal juga bisa mempengaruhi penampilan ketika bermain di lapangan futsal tersebut. Karena tidak semua sepatu futsal cocok digunakan pada setiap jenis lapangan futsal.

Pada dasar nya lapangan futsal mempunyai jenis yang biasa digunakan, seperti lapangan futsal dengan rumpur futsal. Untuk lebih jelas nya mengenai jenis lapangan olahraga futsal, yaitu :

    • Lapangan Futsal Vinly. Jenis lapangan futsal ini mempunyai bahan yang tidak menyebabkan luka atau cedera para pemain ketika jatuh. Jenis lapangan futsal ini dibuat dengan bahan dasar rubber yang tidak keras dan mirip dengan karet. Lapangan futsal ini akan membuat alur bola menjadi lebih baik, karena permukaan lapangan yang rata. Namun lapangan futsal vinly ini jika digunakan dalam waktu yang lama, maka akan ada salah satu bagian yang lepas dan ini akan menyebabkan permukaan lapangan menjadi tidak rata. Untuk lapangan futsal  vinly ini biasa digunaka pada ruangan indoor, jadi terhindar dari hujan.
    • Lapangan Futsal Parquette. Lapangan futsal parquette ini lebih banyak digunakan di daerah Amerika Latin atau Selatan dan juga Eropa. Untuk Indonesia sendiri, lapangan futsal parquette ini tidak ada yang menggunakannya. Lapangan futsal parquette ini mempunyai material yang terbuat dari kayu. Biasanya untuk material jenis ini biasa digunakan di GOR dan sudah banyak GOR di Indonesia yang telah menggunakan nya. Permukaan lapangan yang kesat, membuat para pemain tidak akan merasa licin ketika bermain di atas lapangan ini. Selain itu jenis lapangan ini, permukaan nya rata dan membuat aliran bola menjadi lebih baik. Namun, jenis lapangan futsal ini bisa mengakibatkan cedera pada pemain ketika terjatuh karena bahan yang terbuat dari kayu. Tidak hanya itu, lapangan jenis ini membutuhkan perawatan yang lebih, karena lapangan futsal ini lebih cepat rusak yang disebabkan faktor cuaca dan juga kelembaban.
    • Lapangan Futsal Taraflex.  Jenis lapangan futsal ini terbuat dari bahan polyethylene. Lapangan ini dibentuk dari biji plastik yang diolah menjadi bahan yang cukup keras. Jenis lapangan futsal ini merupakan salah satu lapangan futsal yang awet dan tahan lama. Permukaan yang rata dan tidak licin, sehingga aliran bola dapat berjalan dengan baik. Selain itu jenis lapangan futsal ini merupakan lapangan futsal yang tidak menyebabkan para pemain mudah cedera.
    • Lapangan Futsal Karpet Plastik. Lapangan futsal ini berbahan sama dengan lapangan futsal taraflex yaitu polyethylene. Namun yang membedakan nya, pada jenis lapangan futsal karpet plastik ini adalah banyak lembaran yang bisa dibongkar pasang.  Karena hal tersebut, lapangan futsal ini memiliki nilai ekonomis yang sangat tinggi dan memiliki ketahanan yang lama.
    • Rumput Sintesis. Lapangan futsal jenis ini diciptakan untuk ruangan indoor. Peminat lapangan futsal jenis ini di Indonesia sangat banyak. Lapangan futsal ini merupakan lapangan yang lembut dan bagus untuk melakukan dive. Selain itu dengan ratanya permukaan lapangan, ini memudahkan bola mengalir dengan baik. Akan tetapi, jenis lapangan futsal ini mudah menyebabkan luka jika terjatuh. Untuk itu, para pemain diharapkan menggunakan pelindung ketika bermain.

Sekian informasi mengenai jenis lapangan olahraga futsal yang biasa digunakan, semoga ini bermanfaat. -apuy-

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s