Mesin Cuci Front Loading Vs Mesin Cuci Top Loading

Posted on Updated on

Mesin Cuci Front Loading Vs Mesin Cuci Top LoadingMesin cuci front loading atau mesin cuci bukaan depan adalah salah satu jenis dari mesin cuci yang digunakan sebagai alat untuk mencuci pakaian. Menurut sejarah, mesin cuci elektrik pertama kali diciptakan oleh seorang ahli yang berasal dari Amerika pada tahun 1908. Mulai dari sanalah, perkembangan mesin cuci dimulai dengan di awali dengan penciptaan beberapa jenis mesin cuci diantaranya mesin cuci front loading, mesin cuci top loading, dan mesin dengan 2 tabung atau twin tube. Khusus untuk mesin front loading dan top loading ini merupakan inovasi yang terbaru saat ini, karena dalam pembuatan nya menggunakan teknologi yang super canggih.

Mesin cuci front loading vs mesin cuci top loading , keduanya memiliki perbedaan yang sangat jelas terlihat dari sfesifikasi produknya. Untuk berikut beberapa hal yang menyangkut perbedaan antara keduanya, antara lain sebagai berikut :

  1. Jumlah Tabung. Untuk jumlah tabung mesin cuci front loading ini memiliki 1 tabung, di mana dengan 1 tabung mesin cuci tersebut sebagai tempat pencucian sekaligus untuk proses pengeringan. Pada proses pengeringan, tabung mesin cuci front loading ini berputar. Sedangkan jumlah tabung mesin cuci top loading ini memiliki 2 tabung. Di mesin top loading ini, 1 tabung digunakan sebagai wadah untuk mencuci sedangkan 1 tabung lagi dipergunakan untuk proses pengeringan pakaian. Di dasar tabung mesin cuci top loading ini, terdapat baling-baling yang berputar pada saat melakukan proses pencucian.
  2. Kapasitas Penggunaan Air. Untuk mencuci pakaian sangat membutuhkan air, namun kapasitas air yang dibutuhkan setiap jenis mesin cuci baik mesin cuci top loading maupun mesin cuci front loading ini berbeda. Untuk mesin top loading ini membutuhkan lebih banyak air daripada mesin front loading. Alasannya, karena untuk mesin cuci top loading ini air harus diisi penuh terlebih dahulu sebelum proses pencucian dilakukan. Sedangkan untuk mesin cuci front loading, air akan dikeluarkan sedikit demi sedikit selama proses pencucian.
  3. Daya Listrik. Untuk kapasitas listrik yang dibutuhkan oleh mesin cuci front loading dan juga mesin cuci top loading ini secara umum hampir sama yaitu berkisar 300 watt. Namun terdapat perbedaan pada mesin cuci front loading, jika menggunakan air panas ketika proses pencucian maka listrik yang diperlukan sebesar 2000 watt.
  4. Tingkat pengeringan. Untuk kedua mesin cuci ini baik mesin cuci front loading dan mesin cuci top loading memiliki fasilitas pengeringan untuk setiap pakaian yang telah selesai dicuci. Namun tingkat kekeringan yang akan dihasilkan akan jelas berbeda, untuk mesin cuci front loading ini mampu memberikan tingkat kekeringan sampai dengan 90%. Dan untuk jenis mesin cuci top loading ini hanya memberikan hasil sekitar 70% tingkat kekeringan pakaian.
  5. Teknologi. Perbedaan yang paling mendasar dan mencolok antara kedua jenis mesin cuci ini adalah pada teknologi yang digunakan. Untuk mesin cuci front loading ini, tabung mesin cuci nya berputar secara vertical menyerupai seperti putaran roda, sehingga mengakibatkan pakaian akan selalu jatuh ke bawah seperti di banting dan ini bagus untuk pakaian tidak mudah melilit ketika proses pencucian. Sedangkan untuk mesin cuci top loading, perputaran tabung nya berputar secara horizontal. Sehingga ini menyebabkan air berputar membentuk pusaran air dan ini banyak membuat pakaian mudah terlilit. -apuy-

One thought on “Mesin Cuci Front Loading Vs Mesin Cuci Top Loading

    […] cuci tersebut memiliki perbedaan yang  mendasar. Untuk itu beberapa perbedaan tersebut antara mesin cuci front loading vs mesin cuci top loading. Semua jenis mesin cuci tersebut juga biasanya di lengkapi dengan mesin pengering yang membantu […]

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s