Keuntungan Kartu Kredit Bagi Pengusaha

Posted on Updated on

Keuntungan Kartu Kredit Bagi PengusahaKartu kredit diciptakan sebagai alat pembayaran sebuah transaksi baik itu transaki pembelian / penjualan produk ataupun penggunaan jasa. Selain sebagai alat pembayaran sebuah transaksi, kartu kredit juga berfungsi sebagai alat ataupun media pengganti uang tunai. Kartu kredit ini dikeluarkan oleh lembaga financial dalam hal ini adalah bank dengan bekerja sama dengan vendor kartu kredit seperti VISA, Master Card untuk memudahkan semua transaksi. Secara garis besar, kartu kredit berperan penting dalam perkembangan kehidupan ekonomi suatu negara, karena banyaknya penggunaan kartu kredit dalam setiap transaksi ekonomi.

Keuntungan kartu kredit juga memberikan keuntungan tersendiri baik itu untuk pihak pengusaha yang menjalankan bisnis, karena memberikan solusi untuk pembayaran transaksi dengan menggunakan kartu kredit. Semakin banyak transaksi kartu kredit dilakukan, maka perusahaan secara langsung akan bertambah maju dan lebih mudah untuk mendapatkan kepercayaan dari Bank yang bekerja sama dengan perusahaan tersebut. Oleh karena itu, para pengusaha harus memahami jika kartu kredit tersebut dapat membawa manfaat yang untuk pengusaha dan juga perusahaan. Apalagi perkembagan kartu kredit dan dunia bisnis sangat berhubungan erat, dan ini akan menjadi alat pembayaran baik semua transaksi baik untuk wilayah lokal maupun bisa digunakan untuk seluruh dunia. Apalagi bisnis yang sedang Anda kembangkan dan jalani adalah bisnis yang operasionalnya lebih ke retail, maka pembayaran dengan kartu kredit dipastikan akan akan membawa keuntungan baik itu untuk perusahaan Anda ataupun untuk konsumen Anda. Jadi, apakah Anda mau untuk memikirkan kembali untuk menerima pembayaran via kartu kredit dalam bisnis ini ?

Mungkin beberapa pemilik dan yang telah menggunakan kartu kredit, tidak menyadari bahwa kartu kredit yang dimilikinya memiliki beberapa keunikan kartu kredit. Tetapi keunikan kartu kredit tersebut tidak menjadi sebagai pertimbangan dalam memiliki kartu kredit. Pemilik kartu kredit hanya mencari dan mempertimbangakan keuntungan yang akan di dapat jika memiliki kartu kredit. Nah, beberapa manfaat kartu kredit yang dapat dirasakan oleh seorang pengusaha yang menjalankan bisnis atau perusahaan retail, antara lain :

  1. Transaksi dengan kartu kredit lebih nyaman. Coba bedakan antara menerima transaksi dengan tunai dengan transaksi kartu kredit ? Ini akan lebih repot menghadapi transaksi tunai karena, jika transaksi yang berlangsung sedang banyak dan Anda membutuhkan uang kembalian baik itu uang logam maupun uang kertas apalagi kembalian tersebut dalam jumlah yang besar. Namun dengan menerima transaksi dengan kartu kredit, ini akan lebih memudahkan menyelesaikan semua transaksi dengan cepat dan ini akan lebih membuat para konsumen Anda akan lebih nyaman.
  2. Terhindar dari transaksi dengan uang palsu. Dengan banyaknya transaksi, petugas kasir pada perusahaan retail akan kerepotan dan lupa untuk mengantisipasi uang palsu yang diberikan oleh para konsumen. Memang betul, ada alat untuk mengecek uang palsu yang selalu akan ada dalam meja kasir untuk meminimalisasikan hal tersebut. Akan tetapi dengan kartu kredit, ini akan lebih aman karena petugas kasir tidak perlu repot untuk cek uang satu-satu. Cukup dengan print transaksi dan konsumen diminta untuk memberikan tanda tangan pada kertas transaksi tersebut.
  3. Dapat memperluas jaringan pemasaran. Sudah umum bahwa kartu kredit adalah sebuah alat yang berfungsi sebagai pengganti uang tunai dan sebagai alat pembayaran untuk semua jenis transaksi. Tidak hanya di Indonesia pengguna kartu kredit tetapi seluruh dunia sudah menggunakan kartu kredit untuk memenuhi semua kebutuhan. Nah secara otomatis dengan menerima pembayaran via kartu kredit, semua orang dapat melakukan transaksi dimana pun dan kapanpun dengan mudah dan cepat. Bahkan sampai transaksi antar negara, jika perusahaan tersebut memiliki sebuah website yang dapat dengan mudah mengaksesnya. Para konsumen hanya tinggal lakukan klik beli dan langsung melakukan pada saat itu juga.
  4. Sangat efisien dan efektif. Penerimaan pembayaran dengan kartu kredit sangat efisien dan efektif, karena hal ini banyak pengusaha yang menginginkan efisin dan efektif ini dapat diberlakukan di perusahaan mereka. Jika dilihat dari bentuknya kartu kredit sangat kecil, mudah dibawa kemanapun dan tidak mudah lusuh, hal ini yang membuat kartu kredit menjadi alat pembayaran yang sangat simpel. Mesin gesek kartu kredit atau mesin EDC pun kecil sehingga tidak memerlukan tempat tertentu untuk menaruh mesin EDC atau mesin kartu kredit tersebut.
  5. Kartu kredit lebih terlihat mewah. Dengan bertransaksi menggunakan kartu kredit, ini akan terkesan mewah karena tidak sembarang orang dapat memiliki sebuah kartu kredit. Namun untuk bekerja sama dengan vendor kartu kredit atau bank yang memberikan layanan kartu kredit, maka pendapatan perusahaan atau toko tersebut harus tinggi. Mengapa demikian ? Dengan omset pendapatan yang besar, maka asumsi dari pihak bank yang ingin bekerja sama bahwa perusahaan atau toko tersebut memiliki konsumen yang banyak sehingga dapat menghasilkan perputaran uang yang bagus.

Demikian sekedar informasi tentang keuntungan kartu kredit bagi pengusaha, semoga ini dapat memberikan komentar yang baik dan positif tentang kartu kredit yang selama ini dianggap sebagai kartu yang membawa masalah. Apuy

One thought on “Keuntungan Kartu Kredit Bagi Pengusaha

    […] debt collector untuk menagih hutang tersebut kepada pemilik kartu kredit. Dalam kegiatan bisnis keuntungan kartu kredit bagi pengusaha adalah meningkatkan pendapatan perusahaan karena penerimaan pembayaran dengan kartu […]

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s