Strategi Marketing Dengan Katalog Belanja

Posted on Updated on

Katalog BelanjaKatalog Belanja merupakan salah satu strategi sebuah bisnis dan sangat cocok untuk pusat perbelanjaan dalam rangka untuk memperkenalkan produk-produk baru masuk. Tidak hanya untuk produk baru, tetapi untuk lebih meningkatkan penjualan dengan menggunakan katalog belanja dalam strategi sebuah promosi. Dengan katalog belanja yang dibuat, dapat merangsang rasa ingin tahu para konsumen akan produk yang ditampilkan dalam sebuah katalog belanja. Dan strategi bisnis dengan media katalog belanja ternyata cukup mampu dan efektif untuk promosi.

Ada beberapa tips mengenai cara yang efektif dan sangat bagus untuk membantu meningkatkan promosi dengan menggunakan katalog belanja atau shopping chart sebagai medianya. Berikut tips-tips strategi nya antara lain :

  1. Buatlah katalog belanja yang menarik. Usahakan untuk desain katalog belanja semenarik mungkin, karena dengan tampilan yang eye catching ini dapat menarik mata para konsumen dan membaca semua informasi yang ada dalam katalog belanja tersebut. Desain katalog belanja ini juga harus dibantu dengan pemilihan warna yang menarik. Penempatan informasi mengenai promosi atau jenis produk juga harus diperhatikan, agar konsumen tidak terlalu pusing dalam membacanya. Jika ada promo diskon, katalog belanja ini sangat efektif untuk menarik minat pembeli. Biasanya untuk promo diskon, desain katalog belanja ini akan lebih besar pada infomasi mengenai diskon tersebut. Misalnya dengan cara membuat kata dan angka diskonya yang ukurannya besar serta dilampirkan produk-produk yang sedang di diskon.
  2. Tentukan target pasar Anda. Dalam hal ini diluar dari konteks pusat perbelanjaan yang sudah barang tentu, pembuatan katalog belanja atau brosur belanja ini dimaksudkan untuk memberikan informasi produk baru dan juga promo yang sedang berlangsung. Tetapi untuk secara keseluruhan, biasanya untuk desain dan warna di tentukan dari target pasar bisnis Anda.
  3. Berikan katalog secara tepat dan sesuai. Untuk katalog belanja ini sudah tentu akan dibagikan pada saat konsumen memasuki pusat perbelanjaan atau swalayan. tetapi jika swalayan tersebut terletak pada pusat perbelanjaan seperti mall maka penyebaran katalog belanja ini ada baiknya di lakukan pada pintu masuk mall tersebut. Ini akan cenderung akan lebih efektif, karena semua orang atau calon konsumen akan memasuki mall melalui pintu utama.
  4. Penyebaran katalog belanja yang tepat. Lakukan penyebaran katalog belanja pada target market yang tepat, misalnya dalam seminar, pameran, atau sebar brosur di kompleks perumahan yang sesuai dengan target market Anda. Sisipan ke dalam surat kabar/tabloid juga efektif.
  5. Selalu lakukan uji dan ukur. Ini adalah poin penting untuk kesuksesan penyebaran brosur Anda. Selalu lakukan pengujian sebelum melakukan penyebaran secara masif baik pengujian pada materi katalog belanja, target market dan metode penyebarannya. Cara pengujian cukup sederhana, mintalah beberapa orang yang menjadi target market Anda untuk melihat dan mengomentari katalog belanja yang Anda buat. Atau juga, Anda bisa menanyakan pada saat konsumen datang dan masuk pada swalayan. Jika mereka tertarik dengan brosur yang Anda buat dan mau melakukan pembelian saat itu juga, maka bersiaplah untuk menyebarkannya secara masif. Setelah penyebaran dilakukan selalu ukur tingkat keberhasilan penyebaran katalog belanja Anda. Jika ada yang kurang maka harus dilakukan pembenahan agar tidak mengulang kesalahan yang sama.

Semoga tips singkat ini bermanfaat untuk Anda yang ingin melakukan strategi bisnis dengan cara promosi dengan katalog belanja. apuy

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s