Memilih Fotografer Pernikahan

Posted on Updated on

Fotografer PernikahanFotografer pernikahan merupakan sesuatu faktor penting dalam suatu acara pernikahan. Peran sang fotografer pernikahan sudah tentu untuk membantu mengabadikan moment pernikahan sebagai moment bahagia yang tidak akan pernah terlupakan. Bukan hanya untuk acara resepsi pernikahan saja, jasa fotografer juga dapat digunakan untuk memberikan kesan mesra dalam rangkaian foto wedding Anda dan pasangan. Biasanya untuk foto pre wedding ini dilaksanakan sebelum acara pernikahan dilakukan.

Sayangnya, menemukan fotografer yang tepat untuk sesi foto pre wedding dan resepsi pernikahan bukan hal mudah. Karena sekarang bisnis fotografi pernikahan dan foto pre wedding banyak dipilih sebagai sebuah bisnis sampingan yang dapat mendatangkan keuntungan yang cukup lumayana. Biasanya para fotografer pernikahan ini banyak bermula dari hobi foto dan berfikir bagaimana untuk mendatangkan keuntungan sehingga dapat membeli peralatan fotografi yang dapat menunjang bisnis fotografinya. Untuk bisnis fotografi pernikahan ini juga merupakan gabungan dari beberapa fotografer pernikahan yang mempunyai tujuan dan misi yang sama untuk mengembangkan fotografi menjadi sebauh bisnis yang menjanjikan.

Nah, untuk Anda dan pasangan yang sedang mencari seorang fotografer wedding, ada tips mdah untuk memilih fotografer yang dapat mengabadikan moment pernikahan Anda dan pasangan. Berikut ini agar dapat memilih fotografer yang sesuai dengan keinginan Anda, antara lain :

  1. Pelajari Hasil Fotonya. Sebelum memilih fotografer pernikahan, ada baiknya Anda dan pasangan bertemu untuk melihak koleksi hasil karya foto-fotonya. Atau jika sang fotografer pernikahan sudah memiliki website, pasti semua hasil foto fotografer tersebut akan ditampilkan ke dalam websitenya. Ini akan semakin membuat Anda dan pasangan lebih mudah untuk melihatnya. Utamakan fotografer yang mempunyai koleksi foto-foto pernikahan, ini akan lebih dapat menyakinkan Anda dan pasangan akan kualitas hasil foto untuk resepsi acara pernikahan Anda.
  2. Pilih Fotografer Anda. Beberapa perusahaan memiliki banyak fotografer utama. Jika Anda menyukai salah satu portfolio foto, tanyakan fotografer mana yang menghasilkan karya tersebut. Sebisa mungkin Anda harus mendapatkan fotografer yang hasilnya sesuai dengan selera Anda. Jika Anda ditawari fotografer yang lain, pelajari dulu karya-karyanya. Tidak perlu takut untuk mencari vendor foto lainnya jika fotografer yang Anda inginkan tidak tersedia.
  3. Kenali Fotografer Anda. Sebelum hari pernikahan tiba, pastikan anda sudah bertemu dan berbicara dengan fotografer pernikahan yang anda pilih dan pastikan fotografer yang anda pilih dapat diajak kerjasama dengan baik. Beritahu apa yang menjadi konsep foto pernikahan Anda nanti, dan coba untuk meminta pendapat tentang beberap konsep yang bagus untuk foto pernikahan.
  4. Pahami Paket yang Ditawarkan. Setiap fotografer pernikahan pasti mempunyai harga yang akan ditawarkan kepada Anda dan pasangan. Biasanya juga sang fotografer juga akan memberikan harga paket foto pernikahan yang meliputi jasa foto sekaligus edit dan cetak hasil foto.
  5. Perhatikan Biaya Lainnya. Selain harga paket, adakah biaya lain yang akan dibebankan kepada Anda. Budget memang hal yang sensitif dalam merencanakan pernikahan. Karena itu, jangan sampai Anda overbudget akibat kurang teliti dalam memeriksa detail kontrak.
  6. Tandatangani Kontrak. Ini merupakan hal yang penting, tetapi kontrak kerja ini biasanya akan diberlakukan jika Anda dan pasangan memakai jasa wedding organizer yang termasuk di dalamnya jasa fotografer pernikahan sekaligus video dokumentasi. Tetapi, jika Anda dan pasangan memakai jasa fotografer yang personal, maka kesepakatan biasa ditandai dengan membayar uang muka terlebih dahulu.
  7. Waktu Penyelesaian. Dalam dunia fotografi, proses edit merupakan hal yang wajib dilakukan dalam mendapatkan karya foto terbaik. Dan untuk menghasilkan hasil karya foto pernikahan yang bagus, diperlukan waktu untuk mengedit semua hasil foto pernikahan sehingga Anda dan pasangan dapat memilih beberapa hasil foto untuk dijadikan sebauh album dan untuk keperluan cetak foto pernikahan dengan ukuran besar.
  8. Peralatan Fotografer. Jika Anda mengerti tentang dunia fotografi, tak ada salahnya menanyakan detail-detail teknis seperti apa alat yang digunakan. Jika Anda awam dengan hal-hal tersebut, amati saja dengan detail portfolionya. Apakah hasil fotonya cukup tajam, warna yang dihasilkan cukup baik, dan pencahayaannya bisa membuat gambar yang diambil lebih bagus.
  9. Pertimbangkan Juga Dokumentasi Video. Biasanya fotografer menawarkan satu paket dengan dokumentasi video. Lihat juga hasil karya videonya selama ini. Bicarakan juga video apa yang Anda harapkan untuk mengetahui apakah si vendor sanggup melakukannya. Jika Anda memilih vendor yang sama dengan foto, usahakan untuk meminta harga spesial untuk pemesanan paket foto dan video. Jika Anda harus memilih vendor lain, tentukan bersama pasangan, mana yang lebih penting. Foto atau video. Di vendor yang mana Anda bersedia untuk menghabiskan porsi budget lebih.

Demikian tips memilih fotografer pernikahan yang mudah, semoga ini dapat membantu bagi Anda dan pasangan yang ingin mengabadikan moment pernikahan menjadi moment paling bahagia dalam hidup Anda. apuy

One thought on “Memilih Fotografer Pernikahan

    […] Memilih Fotografer Pernikahan […]

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s