Tips Sederhana Meningkatkan ASI Yang Berkualitas

Posted on Updated on

Tips Meningkatkan ASIMeningkatkan ASI merupakan usaha yang harus dilakukan oleh seorang Ibu untuk dapat memberikan ASI ekslusif kepada anaknya. Mengapa demikian? Karena dengan memberikan asi secara ekslusif, si anak akan merasakan kasih sayang karena akan lebih dekat ibunya. Selain itu kandungan air susu ibu itu akan memberi banyak manfaat untuk si bayi demi untuk membantu pertumbuhan bayi.

Meningkatkan ASI Dengan Mengetahui Manfaat ASI

Manfaat ASI sangat luar biasa khasiatnya untuk bayi. Saat buah hati ibu tumbuh dan berkembang di dalam kandungan, tubuh ibu memberinya antibodi melalui plasenta. Ini memberinya kekebalan pasif yang mampu melindungi janin ibu dari serangan penyakit selama masa kehamilan. Namun, begitu sang buah hati dilahirkan, ia tidak lagi mendapatkan suplai antibodi. Sementara itu sistem kekebalan tubuh pada bayi yang baru lahir belum bekerja secara sempurna. Karena itu, bayi sangat rentan terkena resiko infeksi pada tahun pertama hidupnya. Begitu banyak manfaat air susu ibu untuk sang buah hati, di antara manfaat ada sepuluh keajaibannya antara lain :

  • ASI memperkuat sistem kekebalan tubuh. Komponen utama pembangun sistem kekebalan tubuh pada ASI adalah prebiotik.
  • ASI menurunkan terjadinya resiko alergi.
  • ASI menurunkan resiko terjadinya penyakit pada saluran cerna, seperti diare dan meningkatkan kekebalan pada sistem pencernaan.
  • ASI menurunkan resiko gangguan pernafasan, seperti flu dan batuk.
  • ASI kaya akan AA|DHA yang mendukung pertumbuhan kecerdasan anak.
  • ASI mengandung prebiotik alami untuk mendukung pertumbuhan flora usus.
  • ASI memiliki komposisi nutrisi yang tepat dan seimbang (dimana cuma ASI yang memilikinya).
  • Bayi-bayi yang diberikan ASI menjadi lebih kuat. Menyusui juga menurunkan terjadinya resiko obesitas saat ia tumbuh besar kelak.
  • Bayi-bayi yang menerima ASI memiliki resiko lebih rendah dari penyakit jantung dan darah tinggi di kemudian hari.
  • Menurut hasil penelitian, menyusui telah terbukti dapat menurunkan resiko kanker payudara, kanker ovarium, dan osteoporosis.

Tips Meningkatkan ASI

Jika para ibu sudah mengetahui manfaat yang akan didapatkan bayi dengan banyak minum asi ekslusif yang secara rutin diberikan oleh sang ibu, maka akan tergerak hatinya dan menimbulkan rasa ingin memberikan asi ekslusif untuk para anak-anak mereka. Karena banyak dari kalangan ibu muda yang enggan untuk memberikan asi ekslusif karena beberapa faktor. Tetapi pasti akan ada pertanyaan bagaimana cara meningkatkan asi yang berkualitas? Berikut ini adalah tips sederhana untuk meningkatkan asi yang berkualitas dengan mudah dan juga aman. Tips tersebut yaitu sebagai berikut :

  1. Jangan tunggu payudara terasa ‘kencang’ atau bengkak baru menyusui. Susui bayi sesering mungkin karena isapannya akan merangsang produksi ASI.
  2. Jangan berikan susu formula kalau bayi masih menangis. Mungkin posisi perlekatan mulutnya pada payudara yang kurang pas.
  3. Pilih menu makanan berkuah banyak. Makan sayuran berkuah dan kaldu 2 mangkuk per hari. Habiskan sayur beserta kuahnya.
  4. Banyak minum air putih. Untuk ibu menyusui paling tidak 3 liter per hari.
  5. Sering-seringlah menyusui di malam hari. Menyusui di malam hari akan meningkatkan hormon prolaktin yang mampu meningkatkan produksi ASI.
  6. Cukup istirahat dan hindari stres.

Jadi, dengan artikel tentang tips meningkatkan asi yang aman dan juga berkualitas untuk bayi ini akan semakin membuat hati para ibu lebih tergerak untuk memberikan asi secara ekslusif kepada anak-anak mereka. apuy

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s