Cara Sehat Mengatasi Nyeri Sendi

Posted on Updated on

Nyeri SendiNyeri Sendi merupakan sebuah gangguan pada otot sendi yang dapat menyebabkan sakit luar biasa dan para penderita sulit untuk melakukan aktifitas sehari-hari. Sakit sendi ini disebabkan oleh gangguan pada tulang awan sendi biasanya paling banyak terjadi karena disebabkan oleh beban tubuh berlebih dan penggunaannya yang berlebihan. Untuk mengobati nyeri sendi otot ini dibutuhkan kesabaran dan ketekunan, karena memang sulit untuk menyebuhkan secara total penyakit nyeri sendi ini. Walaupun tidak dapat disembuhkan, gangguan sendi nyeri tetap harus ditangani dengan tepat untuk membantu mengatasi rasa nyeri sendi, memperbaiki kemampuan bergerak dan beraktivitas, serta mencegah kondisi menjadi memburuk.

Banyak cara yang dapat membantu untuk mengobati penyakit nyeri sendi, mulai dari yang sulit untuk dilakukan dengan berbagai pantangan yang harus dihindari sampai dengan cara mudah yang dapat dilakukan. Tetapi itu semua harus dilakukan dengan rutin dan terus menerus agar dapat mengurangi rasa sakit sendi pada otot Anda. Untuk itu berikut cara mudah untuk mengatasi nyeri sendi, antara lain sebagai berikut :

  1. Minum Suplemen Glucosamine dan Chondroitine. Glucosamine dan Chondroitine merupakan senyawa yang secara alami terdapat pada tubuh, terutama pada jaringan penghubung dan jaringan tulang rawan. Telah banyak penelitian yang menunjukkan bahwa suplementasi chondroitin dan glucosamine dapat membantu mengurangi nyeri sendi serta mencegah kerusakan persendian pada penderita osteoarthritis. Hal ini berkaitan dengan peran mereka sebagai komponen penyusun tulang rawan dan minyak synovial. Pembentukan tulang rawan serta minyak synovial berperan penting dalam mencegah gesekan antar tulang yang mengakibatkan nyeri sendi.
  2. Terapi fisik dan olahraga bermanfaat untuk memperkuat otot sendi, meningkatkan fleksibilitas sendi, dan sebagai latihan untuk melakukan aktivitas sehari-hari. Pilihlah jenis olahraga dengan intensitas ringan dan sedang untuk menghindari cedera, dan konsultasikan dulu dengan dokter Anda.
  3. Lakukan senam rematik atau senam sakit sendi. Senam rematik atau sakit sendi ini dipercaya dapat membantu untuk menyembuhkan nyeri sendi pada otot tulang anda. Tetapi dalam melakukan senam rematik atau senam sakit sendi ini, konsultasikan dulu dengan dokter dan sesuaikan gerakan dengan kondisi sakit sendi Anda.
  4. Pola hidup sehat dengan asupan nutrisi yang seimbang serta menghindari rokok. Bukan hanya untuk membantu obati nyeri sendi, pola hidup sehat ini berguna untuk menjaga ketahanan tubuh lebih maksimal dan jauh dari penyakit. Pola hidup sehat ini bisa dilakukan dengan cara makan teratur, rajin olahraga, istirahat yang cukup, pilih asupan makanan, dan sebagainya.
  5. Lindungi sendi dari beban berlebih dan cedera dengan cara. Ada banyak cara melindungi sendi otot dari beban dan cedera dengan melakukan penggunaan alas kaki yang tepat dan nyaman. Gunakan juga alas kaki dengan ukuran yang tepat dan batasi penggunaan alas kaki berhak tinggi. Batasi aktivitas fisik otot anda dengan intensitas tinggi. Berhati-hati saat beraktivitas agar terhindar dari cedera. Gunakan alat bantu saat beraktivitas jika dibutuhkan
  6. Bantu dengan minum obat nyeri sendi. Biasanya jika Anda melakukan pengobatan dengan menggunakan jasa dokter, pasti dokter tersebut akan memberikan obat nyeri sendi. Tetapi obat nyeri sendi tersebut hanya bersifat sementara, karena hanya mengurangi rasa sakit pada sendi Anda.

Demikian cara mudah mengatasi nyeri sendi, semoga dapat berguna. apuy

One thought on “Cara Sehat Mengatasi Nyeri Sendi

    […] macam jenis penyakit dan tentunya sangat mudah untuk diterapkan dalam kehidupan sehari-hari. Adapun cara sehat mengobati nyeri sendi sekaligus mencegahnya sebagai tindakan yang harus dilakukan tersebut adalah sebagai berikut […]

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s