6 Tips Belanja Hemat

Posted on Updated on

Tips Belanja HematPepatah mengatakan “Hemat Pangkal Kaya”, mungkin ini bisa dijadikan alasan untuk menghemat pengeluaran salah satunya dengan belanja hemat. Siapa yang tidak mau dan tergiur dengan melakukan belanja hemat, tetapi dalam kenyataan pengeluaran terbesar di dapat dari belanja untuk semua kebutuhan hidup seperti sabun mandi, sabun cuci, pembersih lantai, makanan (telor, mie), dan masih banyak lagi kebutuhan yang harus dipenuhi. Tetapi banyak yang beranggapan belanja bulanan itu, jauh lebih hemat daripada belanja harian.

Memang belanja hemat itu sangatlah susah diterapkan karena, keinginan manusia yang cenderung selalu tidak puas, selalu ingin lebih jadi wajar apabila jika sudah datang ke pusat perbelanjaan ada saja godaan untuk membeli barang-barang yang tidak masuk dalam daftar belanjaan yang telah dibuat sebelumnya. Nah, untuk itu ada beberapa tips belanja hemat yang ingin mungkin bisa menjadi solusi untuk penghematan pengeluaran. Adapun tips belanja hemat yang dimaksudkan adalah sebagai berikut :

  1. Belanja Dengan Katalog Belanja. Setiap bulan, supermarket besar seperti Giant, Carrefour atau Lotte Mart selalu mengeluarkan katalog bulanan. Jika memungkinkan, sebelum belanja, baca dulu katalog tersebut dengan baik. Perhatikan barang apa saja yang sedang di diskon dan memang Anda butuhkan. Lalu tulis, barang-barang yang Anda ingin beli. Sebulan sekali atau setiap minggu, supermarket akan memberitahukan mereka sedang memberikan diskon atau promo belanja murah untuk barang apa saja. Sebaiknya Anda tahu kapan waktunya pihak supermarket membuat diskon baru ini agar Anda bisa berbelanja di saat yang tepat.
  2. Buat Daftar Belanja & Menu Makanan. Daftar belanja merupakan hal penting sebelum pergi belanja ke pusat perbelanjaan. Usahakan untuk belanja sesuai dengan kebutuhan dan sesuai dengan daftar belanja yang telah dibuat. Untuk yang diluar dari daftar belanja, ada baiknya diskusikan dengan keluarga, apakah barang yang akan dibeli tersebut diperlukan atau tidak.
  3. Belanja Pada Saat Diskon Atau Sale. Belanja pada saat diadakannya promo atau sale ini akan jauh lebih menghemat pengeluaran bulanan Anda. Pihak supermarket ini pasti akan selalu mengadakan promosi, tetapi untuk waktu nya dan barang yang dijual ini akan di informasikan melalui katalog belanja yang diberikan. Stock produk yang ditawarkan dalam promo belanja murah juga mungkin terbatas. Jadi, jika barang yang anda butuhkan ada dalam katalog belanja murah tersebut maka langsung segera beli produk tersebut.
  4. Lebih Besar Belum Tentu Lebih Murah. Beberapa barang kini tersedia mulai dari kemasan terkecil hingga paling besar. Tanpa sadar, Anda kerap berpikir, barang yang sudah dikemas dalam ukuran lebih besar, pasti lebih murah. Mulai sekarang, cobalah lebih teliti. Bandingkan dulu harga barang mulai dari ukuran dan harganya. Benarkah yang lebih besar lebih murah atau justru dengan membeli beberapa barang berukuran lebih kecil Anda lebih hemat?
  5. Bandingkan Merk Dengan Merk Yang Lain. Dalam pusat perbelanjaan tentunya pihak pusat perbelanjaan tersebut pasti akan memberikan banyak pilihan dalam hal ini merk produk tertentu. Dari merk tersebut pasti akan memiliki harga yang berbeda juga. Pihak pusat perbelanjaan juga pintar untuk memilihkan pilihan produk dengan harga mulai dari yang murah sampai dengan yang mahal. Banyak orang yang cenderung untuk memilih produk yang harganya jauh lebih murah tanpa memikirkan kualitas produk yang akan dibelinya tersebut. Dengan harga yang semakin lama semakin mahal, Anda harus semakin cermat dalam berbelanja. Untuk beberapa produk yang memang harganya cukup mahal, jangan malas untuk membandingkan antara supermarket satu dengan yang lain. Misalnya saja untuk produk susu dan pampers bayi. Terkadang ada perbedaan harga yang cukup lumayan di antara supermarket tersebut.
  6. Jangan Berbelanja di Saat Lapar. Di saat lapar, Anda jadi cenderung membeli barang yang tidak dibutuhkan. Kondisi lapar membuat Anda jadi tertarik membeli berbagai produk makanan yang dalam pikiran Anda sepertinya sangat enak untuk dimakan.

Demikian sedikit uraian mengenai tips belanja hemat, semoga berguna. apuy

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s