Pertimbangan Untuk Kredit Rumah

Posted on Updated on

Mandiri KPRAda dua cara yang dapat dilakukan dalam memiliki sebuah rumah sebagai hunian tempat tinggal, yaitu dengan membeli langsung dengan membayar sejumlah uang langsung kepada developer rumah atau langsung dengan pemilik rumah yang ingin rumahnya tersebut dijual. Cara lain untuk memiliki sebuah rumah dengan cara kredit rumah dengan mencicil dalam jumlah dana dan dibayarkan dalam jangka waktu yang telah ditentukan. Banyak masyarakat yang memilih untuk memiliki rumah dengan cara kredit rumah dengan bantuan lembaga keuangan dalam hal ini adalah sebuah bank dengan program Mandiri KPR yang khusus membantu seseorang dalam hal kepemilikian rumah.

Program Mandiri KPR yang ditawarkan oleh bank konvensional yang memilki jumlah nasabah tersebar di Indonesia yakni Bank Mandiri ini memudahkan seseorang dalam mempunyai rumah yang menjadi prioritas dalam hidup. Mandiri KPR dari Bank Mandiri ini merupakan pinjaman dana dalam bentuk tunai yang khusus untuk membantu dalam pembiayaan untuk pembelian sebauh rumah. Mandiri KPR ini dapat diperoleh dengan mudah, jika si pemohon program ini dapat memberikan dan memenuhi persyaratan yang diminta oleh Bank Mandiri. Pinjaman Mandiri KPR ini tidak langsung diberikan secara begitu saja, akan tetapi tetap melalui prosess verifikasi dan pengolahan, serta pertimbangan dari pihak Bank Mandiri untuk dapat memutuskan seseorang mendapatkan pinjaman dana untuk membeli rumah.

Tetapi sebelum itu, ada hal dan faktor yang harus menjadi bahan pertimbangan seseorang dalam memutuskan untuk melakukan pengajuan kepada Bank Mandiri untuk program Mandiri KPR. Ini dilihat sebagai instrospeksi, apakah Anda mamapu untuk membayar cicilan setiap bulan dengan jumlah tertentu yang akan langsung di potong dari rekening tabungan mandiri Anda. Adapun hal dan faktor tersebut, yakni :

  • Penghasilan. Faktor penghasilan ini harus benar-benar diperhitungkan sebelum melakukan pengajuan program Mandiri KPR kepada Bank Mandiri. Penghasilan akan menajdi tolak ukur kemampuan Anda dalam proses pelunasan Mandiri KPR jika sudah disetujui. Untuk itu, Anda juga harus melihat dan mempertimbangkan kebutuhan Anda yang lain. Apakah cukup penghasilan Anda jika mengajukan program Mandiri dan untuk memenuhi kebutuhan Anda dalam 1 bulan ? Jenis penghasilan yang dipertimbangkan oleh bank bervariasi, namun secara umum penghasilan yang rutin dan terjamin atau sudah pernah diterima secara rutin dimasa lalu-lah yang diperhitungkan. Sebaliknya penghasilan yang tidak rutin atau sesekali saja seperti uang lembur, kemungkinan besar akan diabaikan.
  • Hutang atau kewajiban yang berjalan. Jika saat ini Anda sudah memiliki hutang yang berjalan, dengan kewajiban pembayaran cicilan hutang bulanan, maka otomatis bank akan mengurangi jumlah pinjaman yang bisa diberikan berdasarkan penghasilan Anda. Hal ini disebabkan kewajiban yang berjalan tadi sudah mengurangi kemampuan Anda dalam mengambil pinjaman berikutnya, juga mengurangi kemampuan Anda dalam membayar cicilan hutang bulanan selanjutnya.
  • Besarnya pembiayaan sendiri. Terlepas dari faktor penghasilan Anda, maka total dan besar jumlah kredit rumah dengan program Mandiri KPR ini juga akan disesuaikan dengan harga rumah yang ingin dibeli. Namun pada umumnya bank mandiri dengan program mandiri kprnya tidak memberikan 100 persen pinjaman berdasarkan harga rumah, namun rata-rata sekitar 70 persennya saja dari harga rumah, sisanya harus dibiayai sendiri oleh Anda.
  • Sejarah hutang sebelumnya. Jika Anda pernah memiliki sejarah hutang yang buruk dengan Bank Mandiri di waktu yang lalu, maka kemungkinan pinjaman untuk program Mandiri KPR Anda akan cenderung dipersulit. Ini karena Bank Mandiri selalu melihat history dari para nasabahnya yang sudah pernah mengajukan pinjaman dana. Kebijakan masing-masing bank berbeda-beda dalam menilai dan bertoleransi tentang sejarah hutang masa lalu ini.
  • Keberlangsungan penghasilan Anda. Walaupun kebiasaan berpindah-pindah pekerjaan atau perusahaan tempat bekerja cukup bisa dimaklumi, namun bank mandiri lebih menyukai calon peminjam program mandiri kpr ini dengan masa kerja yang lebih stabil dengan peningkatan karir yang cukup baik. Paling tidak pada perusahaan yang sekarang ini masa kerja Anda sudah lebih dari 2 tahun dan sudah diangkat sebagai pegawai tetap. Buat Anda yang berwirausaha, maka bank akan sangat mempertimbangkan berapa lama bisnis Anda sudah berjalan.

Demikian pembahasan tentang hal penting yang menjadi pertimbangan untuk kredit rumah dengan Bank Mandiri khususnya program Mandiri KPR. Semoga ini dapat berguna dan membantu Anda berpikir sebelum melakukan pinjaman Mandiri KPR. hr

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s