Jenis Penyakit Rawan Sendi

Posted on Updated on

Rawan SendiRawan SendiRawan Sendi atau biasa disebut nyeri sendi, merupakan salah satu penyakit yang menyerang otot atau sendi pada bagian tubuh. Nyeri sendi ini tidak mengenal usia penderitanya, mau muda bahkan tua pun akan dapat mengidap penyakit ini jika tidak mengadopsi pola hidup sehat. Penyakit nyeri sendi ini sebuah gejala yang bersifat tunggal dan dapat mengganggu kinerja bagian tubuh yang lain. Nyeri sendi ini gejalanya dapat dilihat dengan berbagai macam seperti tidak nyaman ketika disentuh, pembengkakan, peradangan, kekakuan, atau pembatasan gerakan.

Penyakit nyeri sendi sendiri ada beberapa jenis dan itu menyerang bagian-bagian sendi tertentu. Gejalanya pun akan berbeda, jika terkena nyeri sendi. Letak nyeri sendinya pun akan berbeda tergantung dimana letak nyeri sendi tersebut. Berikut ada beberapa penyakit nyeri sendi yang biasa orang rasakan, diantaranya :

1. Penyakit Rematik.
Rematik adalah penyebab paling umum nyeri sendi kronis. Berlawanan dengan pendapat umum, rematik bukanlah penyakit khas usia tua. Orang muda juga dapat terkena rematik. Penyakit rematik ini disebabkan oleh kerusakan sistem autoimun sehingga tubuh menghasilkan zat yang menyebabkan peradangan, terutama pada sendi. Bagian tubuh yang banyak terkena penyakit rematik ini adalah sendi jari tangan dan kaki dan tulang belakang. Serangan rematik membuat peradangan dan pembengkakan selaput sendi dan secara bertahap menghancurkan kapsul sendi, dan kemudian tendon. Konsekuensi pada akhirnya adalah deformasi tulang dan pembatasan gerakan.

2. Osteoartritis.
Osteoartritis adalah penyakit sendi degeneratif, pada umumnya penyakit ini dirasakan pada mereka yang berusia di atas 45 tahun. Pada penyakit osteoarthritis, sendi mengalami nyeri namun tidak diawali dengan peradangan. Rasa nyeri sendi biasanya terasa bila mengangkat beban dan pada awal gerakan dari posisi istirahat. Penyebabnya karena penuaan dan penggunaan terus-menerus.

3. Ankylosing Spondylitis.
Ankylosing spondylitis adalah salah satu bentuk artritis lainnya. Kondisi ini terutama menyebabkan nyeri dan peradangan sendi tulang belakang dan panggul, walaupun sendi lainnya dapat terlibat juga. Gejala dirasakan selama waktu tidur, setelah bangun tidur atau setelah interval tidak aktif. Pada kasus yang parah, ankylosing spondylitis dapat menyebabkan fusi tulang belakang sehingga menyebabkan membungkuk, yang dikenal sebagai kyphosis.

4. Psoriatik Artritis.
Arthritis ini adalah efek samping dari penyakit psoriasis. Penyakit ini dilihat dari pembengkakan yang terjadi pada setiap sendi dan biasanya rasa sakit akan dirasakan oleh penderitanya, terutama ruas jari, pergelangan tangan, lutut, tulang selangka, pergelangan kaki dan punggung bawah.

5. Gout (asam urat).
Jika rasa sakit tajam berada di sekitar ruas dan pergelangan kaki, penyebabnya mungkin adalah gout. Gout adalah hasil kadar asam urat yang tinggi dalam darah. Rasa sakit sendi disertai bengkak, kemerahan, dan hangat.

Dengan mengetahui jenis penyakit rawan sendi, kita lebih bisa berhati-hati dalam menjaga kondisi tubuh dan menerapkan pola hidup sehat yang teratur. semoga artikel ini dapat bermanfaat. hr

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s