Gamma Knife : Terapi Bedah Otak Tanpa Sakit

Posted on Updated on

Gamma KnifeGamma Knife dalam arti sempitnya adalah pisau sinar gamma. Gamma knife ini merupakan salah satu alat bedah tercanggih yang menggunakan radiasi berupa sinar y untuk membedah otak. Pisau disini bukan dalam arti sebenarnya yang mempunyai fungsi memotong. Tetapi di sini Gamma knife membedah dengan menggunakan radiasi dari sinar yang tidak menyebabkan pasien terasa sakit.

Gamma Knife ini ditemukan sebagai salah pembedahan untuk mengobati tumor khususnya tumor otak. Gamma Knife dilakukan dengan cara terapi, seperti radiosurgery semua, menggunakan dosis radiasi untuk membunuh sel-sel kanker dan tumor menyusut, disampaikan secara tepat untuk menghindari kerusakan jaringan otak yang sehat. Gamma Knife radiosurgery mampu secara akurat fokus balok banyak intensitas tinggi radiasi gamma untuk berkumpul di satu atau lebih tumor. Setiap berkas individu adalah intensitas relatif rendah, sehingga radiasi memiliki sedikit efek pada intervensi jaringan otak dan terkonsentrasi hanya pada tumor itu sendiri.

Gamma Knife radiosurgery telah terbukti efektif untuk pasien dengan penyakit tumor otak jinak atau ganas hingga 4 sentimeter dalam ukuran, malformasi vaskular seperti malformasi arteriovenosa (AVM), nyeri atau masalah fungsional lainnya. untuk pengobatan neuralgia trigeminal, prosedur dapat digunakan berulang-ulang pada pasien. Risiko pengobatan gamma knife radiosurgery sangat rendah,dan komplikasi yang berkaitan dengan kondisi yang dirawat.

Gamma knife dengan proses terapi otak harus mempunyai perencanaan yang sangat baik. Proses terapi tersebut dilakukan dengan dengan proses pencitraan di mana Anda akan berbaring pada tempat tidur khusus dengan kepala Anda terpasang bingkai untuk memastikan supaya Anda tidadokter dengan bantuan media audio-video. Jika diperlukan, Anda bisa mendapatkan waktu jeda istirahat selama proses terapi demi kenyamanan Anda.

Demikian penjelasan singkat tentang gamma knife untuk tumor otak. semoga membantu. hr

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s