Panti Asuhan KristenPanti Asuhan Kristen adalah bagian dari lembaga sosial yang ada di masyarakat dalam merawat dan membantu para anak yatim piatu. Panti Asuhan Kristen ini khusus mendidik dan mengembangkan bakat dan minat untuk anak – anak yang memeluk agama kristen. Panti Asuhan Kristen ini membekali anak yatim piatu dengan pengetahuan agama dan pendidikan formal untuk meningkatkan kualitas diri. Yayasan panti asuhan kristen ini mengatur semua kegiatan yang akan dan sudah di lakukan oleh panti asuhan. Bukan hanya kegiatan panti asuhan, tetapi keuangan dalam panti asuhan juga di atur oleh sebuah yayasan sosial. Mengatur keuangan itu dalam prosesnya meliputi pendapatan dana dana dari donator dan pengeluaran panti asuhan.

Sturktur organisasi dalam sebuah yayasan panti asuhan kristen secara garis besar sama dengan organisasi lain yang memiliki ketua dan wakli ketua panti asuhan dan staf-staf yang mengurusi hal bidang tertentu. Tetapi yayasan panti asuhan berbeda dengan lembaga sosial yang ada. Letak perbedaannya ada pada tujuan dari panti asuhan yang didirikan. Panti asuhan kristen ini di bantu oleh para donatur yang sebagaian besar merupakan jemaat gereja yang aktif. Para gereja-gereja juga ikut ambil bagian untuk memberikan sumbangan baik materi maupun non materi yang dibutuhkan dalam kehidupan sehari-hari anak panti.

Panti asuhan jakarta ini mendapatkan dana dari banyak donatur yang rutin memberikan bantuan untuk seluruh kegiatan di panti asuhan. Bantuan dari donator tersebut dapat berupa dana tunai dan biasanya bahan pangan untuk makan anak panti asuhan setiap harinya. Tidak hanya uang dan bahan makanan, biasanya donator juga menyumbang pakaian untuk dapat di pakai anak-anak panti asuhan sehari-hari. Yayasan panti asuhan juga baisanya mencari donator dengan cara mendatangi perusahaan atau beberapa orang yang kaya, atau mengikuti beberapa pertemuan dalam acara penggalangan dana untuk social.

Semoga setelah membaca dan mengenal panti asuhan kristen ini, hati kita makin tergerak hatinya untuk membantu untuk kehidupan anak-anak panti asuhan agar menjadi lebih baik. hr

Advertisements