Cara Mendirikan Panti Asuhan

Posted on Updated on

Panti AsuhanPanti Asuhan merupakan tempat dimana anak-anak yang sudah tidak mempunyai orang tua baik itu Ayah dan Ibu. Mendirikan Panti Asuhan adalah tindakan mulia untuk membantu membahagiakan dan memenuhi kebutuhan anak-anak yatim piatu agar mendapatkan kehidupan yang lebih baik dari sebelumnya. Menolong anak yatim merupakan kewajiban setiap umat manusia, seperti yang terlampir dalam kitab suci Al-Qur’an pada surat Ad-Dhuha ayat 9, Allah SWT melarang untuk melakukan kekerasan kepada anak yatim/piatu. Firman Allah SWT: ”Adapun terhadap anak yatim maka janganlah kamu berlaku sewenang-wenang.”

Nah dalam hadist Nabi Muhammad SAW juga diberitahukan bahwa kewajiban dalam menolong sesama umat manusia tanpa membedakan-bedakan agama, ras, dan suku bangsa khususnya membahagiakan anak-anak yatim. Dalam hadistnya, Rosulullah SAW memberi resep mencapai bahagia dunia dan akhirat ”Bila engkau ingin agar hati menjadi lembut dan damai dan Anda mencapai keinginanmu, sayangilah anak yatim, usaplah kepalanya, dan berilah dia makanan seperti yang engkau makan. Bila itu engkau lakukan, hatimu akan tenang serta lembut dan keinginanmu akan tercapai. (HR Thabrani).

Setelah paham tentang penting Panti Asuhan, maka marilah kita berlomba-lomba untuk membuat dan mendirikan Panti Asuhan sebagai tempat naungan para anak-anak yatim. Tetapi mendirikan Panti Asuhan bukan perkara gampang, karena Panti Asuhan sendiri tidak mendatangkan keuntungan dalam bentuk materi. Dan mendirikan Panti Asuhan juga dibutuhkan pengorbanan ng sangat besar dari setiap orang yang ingin sekali mewujudkannya. Jadi ada syarat dalam mendirikan sebuah Panti Asuhan, diantaranya :

  1. Siapkan Modal. Modal ini bisa didapat dengan cara menggalang dana dari orang-orang yang mampu untuk menyumbangkan sebagian rezekinya dalam mendirikan sebuah Panti Asuhan. Ini bisa dilakukan dengan bantuan media offline ataupun juga dengan media online. Seperti mendirikan panti asuhan jakarta dengan memilih ibukota negara indonesia.
  2. Pilih Tempat Panti Asuhan. Pilihlah lokasi untuk Panti Asuhan. Untuk lokasi ini, cobalah untuk mencari seseorang yang memiliki tanah dan berniat untuk memberikan atau mewakafkan tananhya untuk kebaikan yaitu mendirikan Panti Asuhan. Untuk lokasi Panti Asuhan sebaiknya memilih lokasi yang dekat dengan fasilitas umum seperti sekolah umum, gedung kantor, dan lain-lain.
  3. Bentuk Sebuah Organisasi Atau Yayasan. Sebuah Panti Asuhan juga memerlukan sebuah organisasi yang mengurus semua keperluan anak Panti Asuhan. Organisasi tersebut biasa dinamakan yayasan panti asuhan. Pastikan orang yang mengurus Panti Asuhan ini mempunyai jiwa sosial yang besar dan ikhlas dalam membantu semua anak Panti Asuhan.
  4. Urus Surat Panti Asuhan. Dalam mendirikan Panti Asuhan dibutuhkan semua surat-surat agar Panti Asuhan dapat berjalan dengan baik. Mulai dengan izin mendirikan bangunan, surat keterangan pendirian Panti Asuhan, dan dokumen penting yang menunjang dalam perizinan sebuah Panti Asuhan.
  5. Cari Donatur. Untuk mencari donatur panti asuhan tersebut, seringlah mengajukan proposal kepada orang-orang kaya dan berbagai perusahaan atau LSM yang bergerak dibidang sosial. Untuk mencari donatur tersebut, diperlukan dokumen yang lengkap agar para calon dunator dapat mempercayai keberadaan Panti Asuhan tersebut. Pembuatan proposal untuk para calon donatur haruslah selengkapnya,jika memungkinkan lampirkanlah beberapa dokumen yang menjelaskan keberadaan Panti Asuhan.

Demikian tips singkat dalam mendirikan panti asuhan, semoga dapat bermanfaat dan menggugah hati para dermawan untuk membantu proses pendiriansebuah panti asuhan. hr

About these ads

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s