Tentang Data Center Indonesia

Posted on Updated on

Data Center IndonesiaData Center Indonesia atau pusat data adalah sebuah tempat untuk meletakkan server beserta perangkat jaringan lainnya untuk menyimpan data khusus dalam wilayah Indonesia. Rungan untuk sebuah data center indonesia ini harus di desain secara khusus karena untuk data center indonesia ini membutuhkan sebuah liingkungan yang sangat spesifik. Tempat yang idela untuk di jadikan data center indonesia yakni harus memiliki tempertaur muali dari dari 18 sampai 23 dejarat Celcius. Selain temperatur, ruangan data center indoenesia ini harus mempunyai kelembaban tertentu dan tekanan tertentu yang dapat di sesuaikan dengan server dan perangkat untuk jaringannya.

Perkembangan dari sebuah data center indonesia sangat maju, ini ditunjukkan dari mulai banyak perusahaan jasa penyimpanan data pusat. Data center ini sangat dibutuhkan oleh sebuah perusahaan yang mulai berkembang sebagai penunjang operasioanal dari sebuah perusahaan dalam menyimpan sejulah data yang dianggap penting. Biasanya data center indonesia ini memliki fasilitas yang cakupannya meliputi perangkat listik redundan yang berfungsi sebagai cadangan. Koneksi dalam komunikasi data juga sebagai sebuah cadangan apabila data yang di simpan mengalami kerusakan atau tidak dapat diakses. Data center indonesia juga harus mempunyai alat kontrol lingkungan, misal AC, ventilasi, alat pencegah bahaya kebakara, dan alat untuk keamanan secara fisik.

Dalam data center indonesia ini terdapat ratusan hingga ribuan, ratusan ribu bahkan jutaan server yang menyimpan semua data secara online selama 24 jam x 7 hari! Data tersebut adalah milik anda, milik perusahaan yang ada di indonesia. Bukan hanya perusahaan, tetapi setiap alamat website yang ada di media internet memiliki data center mereka sendiri, bila data pusat tersebut bermasalah, maka secara otomatis semua website yang berpusat pada data center yang bersangkutan juga akan ikut bermasalah.Beratnya perangkat yang ada membuat lantai data center harus mampu menanggung beban yang cukup berat.

Demikian artikel tentang data center Indonesia, semoga bermanfaat. hr

About these ads

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s